Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menjajal All New Agya, Varian GR Sport Bukan Titisan LCGC

Agya varian GR Sport sudah dibekali dengan aero kit yang dipasangkan pada eksterior, dan penambahan downforce, sehingga manuver mobil ini  lebih stabil.
Tampilan All New Toyota Agya varian GR Sport/Bisnis-Anshary Madya
Tampilan All New Toyota Agya varian GR Sport/Bisnis-Anshary Madya

Bisnis.com, JAKARTA – PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan dua mobil baru All New Agya dan varian GR Sport di Indonesia. Dalam hal ini, TAM menjadi kali pertama mobil ini mendapatkan ubahan secara keseluruhan selama sepuluh tahun lebih mengaspal di Tanah Air.

Dari segi dimensi, Agya tipe standar dan Agya GR sport memiliki ukuran yang serupa dengan dengan panjang 3.760 mm, lebar 1.665 mm, dan tinggi 1.505 mm, serta jarak sumbu roda atau wheelbase 2.525 mm, sehingga membuat kedua mobil ini tampak kembar.

Tampilan lampu utama pun terlihat mirip dengan posisi headlamp berposisi horizontal yang nampak lebih tajam dibanding generasi sebelumnya. Namun, jika dilihat secara mendetail tampang depan Agya GR Sport tampak lebih sangar dibanding varian yang biasa.

Adapun, mengenai performa kedua mobil ini, tim Bisnis telah mencoba menjajal keduanya. Secara dapur pacunya, kedua mesin Agya teranyar ini dilengkapi dengan mesin baru berkode WA-VE dengan kubikasi 1.200 cc 3-silinder Dual VVT-i.

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 11,52 Kgm pada 4.500 rpm. Mesin 3-silinder yang tersemat pada Agya ini memiliki keunggulan dan kelebihan berupa efisien dalam mengolah bahan bakar dan memproduksi torsi lebih tinggi.

Perbedaan yang paling berasa dari kedua mobil ini adalah dari tarikan mesin yang lebih berat untuk GR Sport daripada varian standar. Namun, tarikan itulah yang menjadi keunggulan mobil ini yang terasa lebih bertenaga.

Kemudian, dengan adanya karakter torsi kuat yang didapatkan sejak putaran mesin rendah, membuat pengemudi mendapatkan akselerasi lebih cepat dan sigap daripada model sebelumnya tanpa mengorbankan konsumsi bahan bakar.

Tak hanya itu, untuk varian GR Sport sudah dibekali dengan aero kit yang dipasangkan pada eksterior, dan penambahan downforce kendaraan, sehingga manuver mobil ini  lebih stabil, lincah, dan tanpa khawatir kehilangan kendali.

Adapun, pada interior GR Sport juga sudah dilengkapi headunit berbentuk LED speedometer, sedangkan Agya standar masih menggunakan tampilan analog.

Alhasil, mobil All New Agya varian GR Sport sudah sukses sebagai mobil yang keluar dari segmen LCGC dan naik level di segmen city car atau mobil perkotaan sebagai penantang Brio RS.

Melalui interior yang lega, bagian kokpit lebih leluasa dan kabin yang memiliki dimensi besar di kelasnya, membuat TAM berhasil memberikan sentuhan pembaruan yang diperlukan masyarakat Indonesia.

Sebagai informasi, All New Agya varian biasa memiliki tiga tipe mulai dari harga paling murah sebesar Rp167,9 juta hingga Rp191,4. Sedangkan varian GR Sport dibanderol mulai dari  Rp237,5 juta hingga Rp256 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper