Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Mobil Listrik Tumbuh 31 Persen, Hyundai Ioniq 5 Dibayangi Wuling Air ev dan Toyota bZ4X

Hyundai melalui Ioniq 5 kembali berhasil memuncaki klasemen penjualan mobil listrik di Indonesia dengan berhasil dilego 213 unit pada Februari.
Interior Ioniq 5 BEV. /hYUNDAI
Interior Ioniq 5 BEV. /hYUNDAI

Bisnis.com, JAKARTA – Penjualan mobil listrik murni atau BEV di Indonesia pada Februari 2023 tercatat 390 unit, tumbuh 31 persen secara bulanan (month to month/ mtm).

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Hyundai melalui Ioniq 5 kembali berhasil memuncaki klasemen penjualan mobil listrik di Indonesia dengan berhasil dilego 213 unit.

Secara terperinci, Ioniq 5 varian signature extended menjadi favorit masyarakat karena berhasil terjual 132 unit, signature regular 59 unit, prime extended 15 unit dan prime regular 7 unit.

Namun, kinerja penjualan penguasa mobil listrik Februari 2023 ini mengalami penurunan tipis sebesar 8,9 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Kemudian, posisi kedua ditempati Wuling Air ev sebanyak 83 unit, naik 137 persen secara bulanan. Namun, meskipun penjualan secara mtm meningkat pesat, kinerja mobil mungil ini masih belum mencapai performa penjualan seperti tahun lalu.

Pasalnya, dalam catatan Bisnis, penjualan Wuling Air ev sejak diluncurkan pada Agustus hingga Desember 2022 rata-rata pada level 1.500-an unit. Adapun, penjualan tertinggi Wuling Air ev di Indonesia berhasil ditorehkan pada Desember 2022 dengan berhasil terjual 2.132 unit.

Sementara itu, posisi selanjutnya, mobil listrik murni Toyota bZ4X tampil mengejutkan dengan penjualan wholesales mencapai 57 unit. Kinerja ini menjadi paling tinggi sejak diluncurkannya pada November 2022.

Di sisi lain, untuk meningkatkan volume kendaraan mobil listrik, pemerintah tengah menyiapkan relaksasi pembelian sebanyak 35.900 unit yang akan diluncurkan pada 20 Maret 2023.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto mengatakan insentif ini dilakukan sebagai langkah awal untuk mengurangi harga mobil listrik yang saat ini terbilang cukup mahal.

“Hal ini dilakukan sebagai langkah awal untuk meningkatkan keterjangkauan harga dan daya beli masyarakat terhadap kendaraan listrik yang lebih luas, serta memacu perkembangan industri otomotif energi baru,” ungkapnya di Jakarta belum lama ini.

Berikut daftar mobil listrik (BEV) pada Februari 2023:

1.     Hyundai Ioniq 5 : 213 unit

2.     Wuling Air ev : 83 unit

3.     Toyota bZ4X : 57 unit

4.     Nissan Leaf : 21 unit

5.     DFSK Gelora Mini Bus : 10 unit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper