Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kongsi Honda dan Sony Pamerkan Mobil Listrik Afeela, Ada Fitur PS5?

Mobil listrik Afeela itu akan mulai diproduksi massal dan dijual untuk pasar Amerika Utara pada 2026 mendatang. Produk buatan kongsi Honda dan Sony.
Rizqi Rajendra
Rizqi Rajendra - Bisnis.com 05 Januari 2023  |  18:56 WIB
Kongsi Honda dan Sony Pamerkan Mobil Listrik Afeela, Ada Fitur PS5?
Afeela, mobil listrik buatan kongsi Honda dan Sony - Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan patungan antara Honda Motor Co. dan raksasa elektronik Jepang, Sony Corp meluncurkan prototipe mobil listrik terbaru mereka yang diberi nama Afeela pada ajang Consumer Electronics Show (CES) 2023 di Las Vegas, Amerika Serikat (AS).

Rencananya, mobil listrik Afeela itu akan mulai diproduksi massal dan dijual untuk pasar Amerika Utara pada 2026 mendatang. Sederet teknologi canggih pun disematkan pada mobil listrik ini, seperti fitur hiburan, virtual reality, dan AI.

"Afeela mewakili konsep kami tentang hubungan interaktif di mana orang merasakan sensasi mobilitas interaktif yang dapat mendeteksi dan memahami orang atau masyarakat dengan memanfaatkan teknologi penginderaan AI," ujar CEO Sony Honda Mobility, Yasuhide Mizuno mengutip The Verge, Kamis, (5/1/2023).

Sebagai informasi, Afeela memiliki Lebih dari 40 sensor, termasuk kamera, radar ultrasonik, dan teknologi LIDAR yang akan disematkan di seluruh bagian luar kendaraan, guna meningkatkan kemampuannya untuk mendeteksi objek dan mengemudi secara mandiri.

Dilihat dari segi tampilan, prototipe sedan listrik Afeela memiliki palang lampu bagian depan yang didesain tajam, gril tertutup, velg hitam, dan atap hitam mengkilap. Sekilas, Afeela nampak seperti perpaduan antara Porsche 911 dan mobil listrik Lucid Air.

Mobil listrik tersebut digadang-gadang bakal bersaing dengan produsen mobil premium lainnya, seperti Mercedes-Benz, BMW, Volvo, dan Audi.

Menariknya, Sony berencana untuk menyediakan perangkat lunaknya dengan layanan berlangganan bulanan, sehingga pemilik kendaraan dapat mengakses fitur tertentu seperti PlayStation (PS). Salah satu ide yang telah dilontarkan untuk mobil Honda-Sony adalah PS5 yang terintegrasi penuh untuk bermain game dan hiburan.

"Rencananya adalah untuk mengembangkan mobil sebagai perangkat keras yang akan melayani hiburan dan jaringan yang ingin kami tawarkan," kata Mizuno.

Tak hanya itu, Afeela juga dikabarkan akan menggunakan teknologi grafis Unreal Engine dari Epic Games dan Snapdragon Digital Chassis dari Qualcomm.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik Mobil Listrik Tren Mobil Listrik honda sony
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top