Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Toyota Bakal Luncurkan Model Hybrid dan BEV Sekaligus, Simak Bocorannya

Innova Hybrid dan Toyota bz4X akan diluncurkan bersamaan dalam waktu dekat? Ini jawabannya
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 27 Oktober 2022  |  17:09 WIB
Toyota Bakal Luncurkan Model Hybrid dan BEV Sekaligus, Simak Bocorannya
Mobil listrik konsep Toyota bZ4X. - Toyota
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Toyota Indonesia akan meluncurkan satu model mobil hybrid sekaligus model BEV dalam waktu dekat.

Hal tersebut disampaikan oleh Project General Manager Toyota Daihatsu Engineering & Manufacturing Co., Ltd. Indra Chandra Setiawan. "Kami akan luncurkan 1 produk hybrid dan 1 model listrik bulan ini," tukasnya kepada Bisnis seusai acara ‘The Indonesia Summit 2023’ yang  diselenggarakan oleh PT Bank Danamon Indonesia Tbk., Bank MUFG, dan PT Adira Dinamika Multi Finance, pada Kamis (27/10/2022).

Sejauh ini, Toyota Indonesia digadang-gadang akan segera meluncurkan Innova Hybrid. Sebelumnya, Innova Hybrid tertangkap kamera sedang diujicoba di jalan raya India, sebelum debut peluncuran globalnya.

Innova Hybrid yang tertangkap kamera itu menunjukkan tampilan kap depan yang lebih jelas, meski ditutupi semacam stiker di seluruh eksterior bodi. Di India, Innova Hybrid akan diluncurkan pada awal 2023 dengan nama Innova Hycross.

Sementara di Indonesia, MPV hibrida itu akan diberi nama Innova Zenix yang mereknya sudah terdaftar di situs Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) per tanggal 29 Juli 2022.

Sedangkan model BEV yang digadang-gadang akan segera diluncurkan Toyota Indonesia adalah bz4X. Model bz4X bersama Lexus Ux 300 e menjadi salah satu model elektrik yang mendukung kegiatan KTT G20.

Vice President Director PT TAM Henry Tanoto mengatakan bahwa model teranyar BEV Toyota tersebut akan segera dirilis di Indonesia. Namun, mengenai detail peluncuran bZ4X ini masih belum bisa dijelaskan Toyota.

"Tentu saja, bZ4X ini menjadi salah satu model BEV yang rencananya kami introduce di Indonesia. Tetapi detil tentang kapan dan lainnya, nanti terpisah kita akan sampaikan," kata Henry dalam acara serah terima kendaraan Toyota di G20, Rabu (19/10/2022).

Di sisi lain, sejauh ini penetrasi mobil listrik di pasar domestik masih minim, terhitung kurang dari satu persen total penjualan mobil. Hambatan utamanya adalah daya beli yang tak sepadan dengan harga produk mobil listrik.

"Secara market Indonesia paling besar, tapi secara kontribusi PDB masih dari negara tetangga, seperti Thailand dan Malaysia. Artinya, penetrasi di Indonesia tidak sekuat negara dengan buying power baik," ungkap Indra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

toyota Toyota Astra Motor toyota motor corp toyota motor manufacturing indonesia innova Toyota BZ4x
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top