Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Penyebab Bunyi Gesekan pada Roda Depan Mobil

Ini lima penyebab adanya bunyi gesekan pada roda depan mobil.
Spooring adalah proses untuk meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti semula, sedangkan balancing adalah proses menyeimbangkan putaran roda mobil. /MMKSi
Spooring adalah proses untuk meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti semula, sedangkan balancing adalah proses menyeimbangkan putaran roda mobil. /MMKSi

Bisnis.com, JAKARTA – Pernah mendengar bunyi seperti gesekan pada roda depan mobil? Ternyata ada berbagai penyebab bunyi gesekan pada roda depan mobil yang ternyata ditimbulkan oleh kerusakan komponen di dalamnya. 

Dilansir dari Auto2000, roda depan mobil yang bekerja dengan normal sudah seharusnya tidak menimbulkan suara gesekan tidak lazim. Masalah ini sebaiknya segera diperbaiki karena dapat menimbulkan kerusakan lainnya yang bahkan Anda sendiri tidak akan menyadarinya.

Berikut lima penyebab adanya bunyi gesekan pada roda depan mobil: 

1. Karet Support Shockbreaker Rusak atau Aus

Karet support shockbreaker menjadi salah satu bagian penting dari komponen ini. Seperti yang diketahui, shockbreaker berguna untuk mendukung kinerja kaki-kaki mobil dalam melewati berbagai macam kontur jalan. Karet support ini sendiri letaknya tepat di atas shockbreaker dan langsung tersambung dengan badan mobil.

Karet support shockbreaker yang mengalami kerusakan atau aus dapat menimbulkan bunyi gesekan. Bahkan tidak hanya bunyi gesekan saja, tetapi juga terdengar bunyi benturan lainnya saat mobil melewati jalan tidak rata.

2. Bushing Lower Arm Rusak

Bushing lower arm berguna sebagai penahan getaran yang diterima dari bagian ban serta mesin mobil. Bentuk komponen ini menyerupai botol dengan pipa besi di bagian atas dan bawah. Bagian depan mobil sendiri memiliki 4 buah bushing

Kerusakan yang dialami bushing lower arm memang dapat ditandai dengan terdengar bunyi gesekan. Alasannya karena pelapis komponen ini sudah rusak dan hilang. Akhirnya bushing lower arm langsung bergesekan dengan komponen lainnya.

3. Shock Absorber Rusak

Shock absorber dapat mengalami kerusakan dengan ditandai kebocoran cairan di bagian dalamnya. Kebocoran ini membuat kinerja shock absorber untuk meredam guncangan berlebihan menjadi tidak maksimal sama sekali. 

Piston di dalam shock absorber dapat menabrak bagian dasar tabung dan bergesekan dengan bagian dinding juga. Kondisi inilah yang akhirnya memunculkan bunyi gesekan pada roda depan mobil.

4. Ball Joint Rusak

Ball joint berfungsi untuk mendukung roda mobil berbelok karena bentuknya seperti engsel yang mampu berputar hingga 360 derajat. Jika komponen ini rusak, maka bunyi gesekan pada roda depan mobil dapat muncul, khususnya saat pengendara membelokkan setir. Bahkan kerusakan lebih parah seperti setir lebih sulit untuk dikendalikan juga dapat muncul.

5. Bushing Upper Arm Rusak

Kerusakan lainnya yang mampu menimbulkan bunyi gesekan ini bisa terjadi dari bushing upper arm. Komponen ini memiliki bagian pelapis yang berfungsi untuk melindungi komponen tersebut saat penggunaannya. 

Namun bagian pelapis yang sudah menipis hingga rusak dapat menimbulkan masalah bunyi ini. Kebiasaan tidak melakukan perawatan dan penggunaan mobil yang terlalu kasar menjadi pemicunya.

Melihat berbagai penyebab bunyi gesekan pada roda yang ditimbulkan dari kerusakan komponen, sebenarnya kondisi ini dapat dicegah. Caranya dengan melakukan servis berkala untuk mobil di bengkel resmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper