Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak! Auto2000 Beri Tips Hindari Mobil Bermasalah di Jalur Contraflow

Rekayasa lalu lintas berupa contraflow kembali diterapkan guna mengurai kepadatan arus lalu lintas saat masa libur Natal dan Tahun Baru 2024.
Ilustrasi pengendara mobil saat mudik/Auto2000
Ilustrasi pengendara mobil saat mudik/Auto2000

Bisnis.com, JAKARTA- Skema pengaturan arus lalu lintas di masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 telah berlangsung. Contraflow menjadi salah satu skema yang diterapkan sebagai upaya mengurai kepadatan jalan dengan membuka dan menutup satu lajur berlawanan sesuai kondisi lapangan. 

Aftersales Business Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara mengatakan skema contraflow yang akan berlaku di beberapa titik jalan tol perlu menjadi perhatian bagi pengemudi untuk menghindari kebingungan di perjalanan. 

"Kegiatan ini membutuhkan perhatian khusus karena pengendara akan berada di lajur milik orang lain. Salah sedikit saja, bisa fatal akibatnya. Untuk itu silakan pelajari tips mengemudi di jalur contraflow," katanya, dikutip Senin (25/12/2023). 

Menurut dia, berkendara di jalur contraflow membutuhkan mobil dan pengemudi yang sehat dan andal. Untuk itu persiapan fisik sebelum pergi libur Nataru dan pastikan mobil dalam kondisi sehat supaya tidak memicu masalah. 

"Silakan berkunjung ke Posko Siaga 24 Jam Auto2000 buat konsumen yang ingin servis berkala dan mengecek kondisi mobil dengan benefit gratis TMO Wiper Fluid," tuturnya. 

Pada momen libur Nataru Auto2000 mengoperasikan Posko Siaga 24 Jam untuk mendampingi perjalanan libur Nataru pelanggan yang akan beroperasi antara 22 Desember 2023 – 1 Januari 2024. 

Adapun, beberapa lokasi nya yaitu Posko Siaga Cikampek (Rest Area Km 57 Tol Jakarta – Cikampek), Posko Siaga Probolinggo (Rest Area Utama Raya Tol Trans Jawa), dan Posko Siaga Banten (SPBU 34.42409 Banten). 

Tips Mengemudi di Jalur Contraflow

1.Catat jadwal dan titik Contraflow

Sebelum memulai perjalanan, pastikan pengemudi telah mencari tahu informasi dan mencatat jadwal dan lokasi contraflow. Informasi mengenai aturan ini biasanya bisa didapatkan melalui social media atau operator jalan tol. Sebelum lajur lawan-arah pasti sudah ada rambu-rambu yang dipasang.

2. Pintu Keluar Tol Tidak Terlewati

Jalur contraflow biasanya memiliki satu pintu masuk dan satu pintu keluar. Pastikan untuk tidak melewati pintu keluar tol, sebab jika terelawat maka pengemudi harus meneruskan perjalanan hingga jalur contraflow berakhir dan mencari gerbang tol lainnya. 

Melihat rute contraflow antara KM 47 – KM 87 Jalan Tol Jakarta Cikampek, artinya semua pintu tol antara titik tersebut akan terlewati jika memilih lajur contraflow. Termasuk interchange menuju Jalan Tol Cipularang tujuan Bandung yang berada di Dawuan KM 67.

3.Waspada bagi Pengguna Jalan Tol Layang MBZ 

Jalan Layang Tol MBZ memiliki titik akhir di sekitar KM 47 Jalan Tol Cikampek. Jika memilih untuk menggunakan jalan tol layang, maka ada kemungkinan pengemudi tidak bisa pindah ke lajur contraflow mengingat ada potensi tidak bisa memotong masuk ke aksesnya. Perhitungkan opsi ini dengan baik. 

4. Lajur Kanan untuk Akses ke Contraflow

Ketika sudah mengetahui titik dan lokasi jalur contraflow, maka pengemudi perlu mempersiapkan kendaraan di lajur kanan. Bersiaplah sekitar 2 km sebelum pintu masuk jalur contraflow supaya tidak terlewat atau melakukan manuver mendadak yang berbahaya.

Misalnya, jalur contraflow berada di KM 47, maka pengemudi harus bersiap mengambil lajur kanan saat berada di KM 45. Dengan demikian, arus lalu lintas kendaraan lain tidak akan terganggu dan tidak memicu kecelakaan. Nyalakan sein kanan saat jarak dengan akses masuk tinggal 500 meter.

5. Atur Kecepatan Mobil

Mobil tidak boleh terlalu cepat atau terlalu lambat di lajur lawan arah ini. Jika terlalu pelan, akan menghambat lalu lintas. Namun kalau terlalu cepat juga berbahaya mengingat berada di jalur mobil lain dari lawan arah. Idealnya, kecepatan kendaraan di jalur contraflow adalah 60 km/jam.

6. Jaga Jarak Aman

Pengemudi harus menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan. Terapkan teori tiga detik untuk menjaga jarak aman. Dengan menjaga jarak aman,  dapat membuat pengemudi mengantisipasi segala kemungkinan.

7. Tidak Dapat Berkunjung ke Posko Siaga 24 Jam Auto2000

Auto2000 mengoperasikan Posko Siaga 24 Jam yang berlokasi di Rest Area Km 57 Tol Jakarta – Cikampek antara 22 Desember 2023 – 1 Januari 2024. Artinya, jika pengemudi memilih melewati contraflow dari arah Jakarta, tidak dapat berkunjung ke posko tersebut.

8. Hindari Keluar Jalur Contraflow

Mobil pengemudi akan langsung berhadapan dengan kendaraan lain dari arah berlawanan sehingga memiliki tingkat bahaya tinggi. Apabila ada kendaraan yang keluar dari jalur contraflow ataupun sebaliknya, tentu sangat berbahaya.

9. Perhatikan Kondisi Sopir dan Penumpang

Metode safety driving perlu diterapkan selama melintasi jalur lawan-arah. Terutama, jangan main ponsel atau hal yang mengalihkan perhatian. Fokus dan waspada dengan melihat ke arah depan, sisi kanan dan kiri lewat spion, dan sesekali melihat ke arah belakang. 

Selain itu, pastikan pengemudi dalam kondisi prima dan tidak mengantuk agar lebih waspada saat hendak memasuki jalur contraflow yang berjarak sekitar 40 km itu. Pastikan pula penumpang tidak ada kebutuhan ke toilet dan bahan bakar mencukupi.

10. Mobil Dalam Kondisi Sehat

Karena hanya memanfaatkan satu lajur jalan dan tidak bisa kembali ke lajur normal, posisi berhenti mobil yang mogok akan langsung memblokade arus lalu lintas, bahkan bisa berhenti total jika tidak ada solusinya.

Pastikan mobil dalam kondisi sehat sebelum memutuskan untuk masuk ke jalur ini. Jangan memaksakan untuk melewatinya kalau terdeteksi ada potensi masalah. Sebaiknya tetap lewat jalur normal dan berkunjung ke Posko Siaga 24 Jam Auto2000 di Rest Area KM 57 untuk pemeriksaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper