Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ingin Mudik Naik Motor? Simak Tips dari Suzuki

Berikut tips yang harus diperhatikan pemudik ketika ingin melakukan mudik menggunakan sepeda motor.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 25 April 2022  |  19:16 WIB
Sejumlah pemudik beristirahat didalam kapal laut KM Dobonsolo di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (30/5/2019). Kementrian Perhubungan bekerja sama dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) menggelar mudik gratis tujuan Semarang dengan menggunakan kapal laut untuk 7500 sepeda motor dan 2015 penumpang mudik lebaran 2019 hingga 3 Juni mendatang. - Antara/Nova Wahyudi
Sejumlah pemudik beristirahat didalam kapal laut KM Dobonsolo di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (30/5/2019). Kementrian Perhubungan bekerja sama dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) menggelar mudik gratis tujuan Semarang dengan menggunakan kapal laut untuk 7500 sepeda motor dan 2015 penumpang mudik lebaran 2019 hingga 3 Juni mendatang. - Antara/Nova Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA – Mudik menggunakan sepeda motor memang harus ekstra hati-hati terutama menyangkut faktor keamanan. Berikut kiat yang dapat diperhatikan ketika mudik menggunakan sepeda motor.

Asst. to Service Dept. PT Suzuki Indomobil Sales Hariadi mengatakan pihaknya mempunyai kiat-kiat apa saja yang harus disiapkan pemudik yang akan melakukan perjalanan jarak jauh maupun dekat menggunakan sepeda motor.

Hariadi juga menjelaskan agar perjalanan aman, nyaman dan lancar, jangan lupa menyiapkan kelengkapan surat-surat, rute perjalanan, dan pastikan sepeda motor dalam kondisi prima.

“Namun, jika di perjalanan mengalami kendala dan membutuhkan tempat untuk beristirahat sejenak, Suzuki telah menyediakan Bengkel Siaga di jalur mudik pulau Jawa yang bisa dimanfaatkan oleh konsumen,” ujar Hariadi dalam keterangan resmi pada Senin (25/4/2022)

Berikut kiat yang dapat diperhatikan oleh pengendara sepeda motor saat mudik:

1. Kelengkapan SIM dan STNK

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan membawa STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan SIM (Surat Tanda Mengemudi) C yang masih berlaku. Surat-surat tersebut membuktikan legalitas administratif kendaraan dan bukti bahwa Anda telah memenuhi syarat mengemudikan sepeda motor.

2. Gunakan Helm SNI

Selain kelengkapan SIM dan STNK, pengendara juga harus memastikan bahwa helm yang digunakan sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan di Indonesia. Hal tersebut dapat dipastikan dari tulisan/logo SNI yang ada di helm, tali pengikat helm yang sistem penguncinya berfungsi, dan kaca helm yang bersih dan jernih.

3. Jas Hujan dan Alat-alat Motor

Saat ini cuaca sangat tidak bisa ditebak, maka dari itu Anda wajib membawa jas hujan sebagai persiapan menghadapi hujan. Selain jas hujan, tool kit motor juga harus dibawa terus kemanapun anda pergi, seperti obeng, kunci busi, kunci pas, dan lain-lain.

4. Rute Perjalanan

Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya anda mempelajari rute mana yang akan digunakan. Hal ini untuk menghindari kemacetan hingga salah arah yang bisa mengakibatkan waktu tempuh menjadi terulur, konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros, dan dapat membuat kondisi pengendara menjadi lelah.

5. Periksakan Sepeda Motor ke Bengkel Resmi Suzuki

Melakukan pemeriksaan sebelum mudik menjadi hal wajib untuk dilakukan. Hal ini untuk memastikan kendaraan diperiksa oleh tenaga ahli, mengurangi kerusakan saat digunakan, apabila ada suku cadang yang rusak maka akan diganti dengan yang resmi dan pemasangannya sesuai prosedur. Periksalah sepeda motor di bengkel resmi Suzuki yang tersebar di seluruh Indonesia.

1 dari 2 halaman

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepeda motor suzuki tips otomotif
Editor : Amanda Kusumawardhani

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top