Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Knalpot Motor Karatan? Ini Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Simak penyebab dan cara menghilangkan kotoran atau karat pada knalpot motor. Tak perlu ke bengkel!
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 16 Januari 2022  |  14:25 WIB
Kendaraan Bermotor.  - TMC Polda Metro Jata
Kendaraan Bermotor. - TMC Polda Metro Jata

Bisnis.com, JAKARTA - Knalpot motor berkarat pasti tidak menyengakan baik dalam fungsi maupun estetika. Karatan pada knalpot pun muncul karena beberapa sebab. 

Dilansir dari Suzuki, biasanya karat akan muncul pada motor yang sering digunakan dan muncul biasanya setelah dua tahunan. Karat pada knalpot ini tidak boleh dianggap sepele karena bisa menimbulkan kebocoran sehingga pendinginan mesin tidak bekerja sempurna.

Seperti diketahui, knalpot berfungsi sebagai saluran pembuangan gas motor dari ruang pembakaran. Setiap kendaraan bermotor memiliki komponen knalpot yang harus dijaga kualitasnya. Baik itu knalpot mobil atau motor tidak bisa lepas dari munculnya karat akibat pemakaian. 

Berikut 3 hal yang Perlu Diketahui sebelum membersihkan knalpot motor

1. Anda Jarang Membersihkan Knalpot

Kapan terakhir kali Anda mencuci kendaraan? Letak knalpot ada di bagian bawah sehingga segala macam kotoran lebih mudah menempel. Khususnya pada saat musim penghujan biasanya kotoran pada knalpot jauh lebih banyak.

Kotoran tersebut akan menjadi kerak pada leher knalpot yang jika semakin banyak jadi penyebab utama karat.  Oleh karena itu, demi mencegah hadirnya karat Teman Bisnis  harus rutin membersihkannya, setidaknya dengan mencuci kendaraan

2. Terkena Air Hujan dan Udara Air Laut

Penyebab selanjutnya adalah karena air hujan dan juga udara air laut. Kedua hal tersebut akan memicu terjadinya oksida besi merah atau karat. Secara umum sebuah besi yang terpapar dengan udara dan air akan lebih mudah berkarat.

Knalpot selalu dibuat dari bahan logam baik itu besi dan juga baja yang ketika terkena air hujan dan udara air laut akan terjadi perubahan kimia secara alami.

3. Munculnya Uap Air pada Tabung Knalpot

Knalpot memiliki tabung yang akan bekerja mengeluarkan sisa gas emisi dan udaranya sangat panas. Supaya udara yang keluar tersebut tidak terlalu panas, di dalam knalpot diberikan sistem pendingin.

Pada saat sistem pendingin tersebut bekerja, efek lainnya adalah keluar uap air. Nah, uap air inilah yang jadi penyebab utama dari karat.

Berikut 8 cara menghilangkan karat pada knalpot motor

1. Soda Kue/ Baking Soda

Cara menghilangkan karat pada knalpot yang pertama ini sangat mudah dilakukan karena Teman Bisnis hanya perlu mencari bahannya di rumah. Soda kue atau baking soda bisa digunakan untuk menghilangkan karat secara efektif.

Langkah penggunaannya bisa dicampurkan dengan perasan air jeruk nipis sedikit sampai membentuk pasta. Teman Bisnis tinggal mengoleskannya saja pada permukaan karat di knalpot.

Tunggu beberapa saat agar bahan bekerja untuk mengangkat karat.  Setelah itu bersihkan menggunakan kain kering. Jika masih ada noda karat, Anda bisa mengulangi aplikasinya kembali.

2. Minuman Bersoda

Masih dengan bahan yang mudah digunakan. Teman Bisnis dapat memanfaatkan minuman bersoda yang dijual di pasaran. Minuman bersoda mengandung karbon dioksida yang mampu merontokan karat di leher knalpot.

Meskipun bentuknya cair namun tidak akan membuat karat semakin banyak. Cara menggunakannya adalah dengan langsung menuangkannya ke area berkarat. Tunggu agar minuman bereaksi selama 15 menit.

Baru setelah itu bersihkan dengan air dan lihat apakah karat sudah hilang. Jika belum, tuangkan minuman bersoda kembali dan tunggu sebentar kemudian gunakan sikat gigi dan sikat karat sampai hilang. Tuangkan air kembali dan bersihkan dengan kain kering. Lap sampai permukaan knalpot tidak basah.

3. Pasta Gigi

Anda ternyata juga bisa memanfaatkan pasta gigi yang berfungsi untuk memutihkan gigi ini. Kamu bisa menghilangkan karat secara langsung, termasuk pada benda stainless steel lainnya.

Bentuknya yang pasta membuatnya lebih mudah digunakan dibandingkan minuman bersoda. Cara menghilangkan karat pada knalpot menggunakan pasta gigi adalah dengan mengoleskan langsung ke area berkarat.

Kemudian tunggu 10 menit menggunakan sikat gigi untuk mengangkat karat. Kemudian lap permukaannya hingga bersih. Karat tidak akan tersisa jika Anda langsung menggunakannya saat jumlahnya masih sedikit

4. Pembersih Porselen

Anda yang berada di rumah pasti memiliki bahan pembersih keramik atau porselen. Bahan kimia ini tidak hanya bisa membersihkan porselen tetapi juga menghilangkan karat di knalpot.

Cairan pembersih ini juga sangat mudah ditemukan di toko kelontong terdekat. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Pertama tuang cairan ini ke permukaan knalpot berkarat.

Anda juga bisa mengoleskannya dengan kuas atau kain. Biarkan cairan pembersih ini bekerja selama beberapa menit. Tanpa harus disikat lap menggunakan kain atau siram terlebih dahulu dengan air

5. Oli Gemuk (Stempet)

Cara menghilangkan karat pada knalpot yang kelima adalah memanfaatkan oli gemuk. Bahan ini biasanya digunakan untuk melumasi beberapa bagian motor seperti komstir.

Oli gemuk atau stempet ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan karat. Apabila Anda memiliki bahannya di rumah akan lebih mudah menggunakannya. Selain karat, oli gemuk juga bisa mengangkat kerak membandel pada beberapa bagian motor.

Cara menggunakannya adalah dengan memanaskan kendaraan terlebih dahulu. Setelah itu knalpot yang masih panas bisa dioleskan oli gemuk ini. Diamkan sampai karat dan oli meleleh bersamaan

6. Menggunakan Bensin

Kendaraan Anda menggunakan bahan bakar dengan RON tinggi seperti RON 98?. Bahan bakar ini juga bisa digunakan untuk merontokan karat di knalpot kendaraan. Anda tinggal mengambilnya dari tangki bensin.

Proses penggunaannya sendiri sangat mudah, usai mengambil bensin Anda bisa mengoleskannya pada karat di knalpot. Setelah itu diamkan beberapa menit maka karat akan mulai rontok sendiri.

Khusus karat yang cukup banyak dan membandel Anda bisa menyikat knalpot. Gunakan sikat kawat yang berukuran kecil dan gosok sampai karat hilang

7. Oli Bekas

Masih saja gagal menggunakan keenam cara di atas? Masih ada alternatif lainnya yaitu dengan menggunakan oli bekas. Jika Anda selesai servis, mintalah kepada teknisi untuk menyimpan sedikit oil bekas.

Teman Bisnis bisa menyimpannya di rumah kemudian menggunakannya untuk membersihkan karat. Cara menggunakannya tidak jauh berbeda ketika menggunakan oli gemuk.

Panaskan kendaraan baru oleskan oli bekas pada knalpot yang panas. Maka karat akan rontok dengan oli yang semakin cair.

8. Krim Pembersih Karat

Cara terakhir adalah dengan membeli krim khusus pembersih karat. Hanya saja cara menggunakannya melalui beberapa tahapan. Pertama lepaskan knalpot dari kendaraan.

Kemudian, Anda bisa mengamplas permukaan yang berkarat hingga bersih. Anda bisa menuang air sehingga terlihat tingkat kebersihannya. Keringkan knalpot dan setelah itu baru oleskan dengan krim penghilang karat.

Setelah itu siram knalpot dengan bensin dan lihat apakah karat sudah hilang. Jika belum ulangi aplikasi krim dan bersihkan dengan bensin. Baru setelah itu pasang knalpot kembali.

Semua cara menghilangkan karat pada knalpot ini bisa Anda coba sendiri di rumah dengan mudah. Bahan-bahannya pun tidak sulit untuk didapatkan. Pastikan Teman Bisnis terus menjaga kebersihan knalpot agar karat tidak kembali muncul.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil sepeda motor tips otomotif
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top