Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Manfaat Tune Up Mobil, Simak Tips Lengkapnya

Secara umum, pengertian tune up adalah melakukan penyetelan ulang dan membersihkan semua komponen dan sistem yang ada di mesin mobil agar kembali seperti semula.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 30 Desember 2021  |  09:53 WIB
Mesin Mobil.  - Reuters
Mesin Mobil. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Tune up mobil adalah salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh semua pemilik kendaraan. Hal ini bertujuan agar memeriksa kondisi mesin agar tetap prima dan tidak mengalami masalah, seperti bagian air aki hingga karburator kotor.

Dilansir dari Auto2000, tune up berasal dari kata tune dan up yang artinya mengatur kembali atau mengembalikan performa.

Secara umum, pengertian tune up adalah melakukan penyetelan ulang dan membersihkan semua komponen dan sistem yang ada di mesin mobil agar kembali seperti semula, bahkan mengalami peningkatan performa. Jika memang ada yang tidak sesuai, maka dapat dicek dan diganti.

Dengan melakukan tune up mobil secara rutin, akan meminimalisir kerugian-kerugian yang bisa muncul akibat mobil mengalami kerusakan, seperti kerusakan komponen mobil hingga mogok di saat melakukan perjalanan jauh. Berikut adalah alasan mengapa perlu melakukan tune up mobil secara rutin.

  • Mengoptimalkan Performa Mesin

Performa mesin bisa terjaga secara baik apabila dilakukan tune up mobil secara rutin. Selain menjaga performanya, kelebihan mobil rutin di tune up yaitu meningkatkan tenaga yang dihasilkan. 

Perlu untuk diketahui, tune up mobil ini hanya fokus pada bagian mesinnya saja, seperti oli gardan, tutup distributor, oli mesin, oli transmisi, minyak rem, oli, power steering, bukan daya kelistrikan, pemindah daya, atau bahkan chasis.

Dikarenakan hanya mengutamakan sektor dapur pacunya, maka proses yang dilakukan benar-benar optimal. Segala medan jalan pun bisa ditempuh secara mudah dengan mobil yang sudah di-tune up.

  • Memastikan Fungsi Filter Udara dan Celah Katup

Dilakukannya tune up mobil juga bermanfaat dalam memastikan komponen saringan (filter) udara. Dengan tune up, maka fungsi saringan udara di dalam mesin mobil tetap terjaga secara baik.

Seperti yang diketahui, kurangnya perawatan membuat filter udara menjadi tak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal inilah yang menjadi alasan mobil harus di-tune up. Filter udara yang bermasalah tentunya berpengaruh terhadap performa mesin.

Untuk mobil injeksi, perlu dilakukan pemeriksaan dan pembersihan throttle body sebagai salah satu jenis perawatan mobil yang penting. Kegiatan perawatan ini dapat membuat performa sistem kendaraan tetap optimal.

Selain filter udara, tune up juga berguna untuk pengecekan celah kabel busi dan celah katup. Celah busi harus dibersihkan, sehingga menjaga besaran api yang keluar. Interaksi busi dengan tekanan kompresi dapat menimbulkan celah busi berubah. 

Begitupun celah katup, harus periksa dan setel ulang agar kembali standar, yang biasanya ada di mobil konvensional dengan sistem katup.

  • Memastikan Komponen Mesin Tetap Terjaga Performanya 

Alasan mobil harus dilakukan pengecekan tune up yaitu untuk memastikan komponen mesinnya tetap stabil. Dengan kondisi komponen mesin mobil yang tetap stabil, maka komponen tersebut bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Mobil pun tetap aman dan nyaman dikendarai.

  • Memperpanjang Usia Pakai Mobil

Tune up adalah solusi untuk memperpanjang usia pakai mobil Teman Bisnis. Hal ini dikarenakan tune up bisa menjaga performa mobil seperti saat masih baru. 

Meski mobil anda keluaran tahun lama, namun saat digunakan, tenaganya tetap terjaga secara baik jika rajin mengecek kondisi mesin melalui tune up.

  • Meningkatkan Kenyamanan Selama Berkendara

Mobil yang rajin tune up sudah pasti nyaman digunakan. Hal ini dikarenakan tune up mobil memastikan performa mesinnya tetap baik. 

Selain nyaman, mengendarai mobil yang sudah di-tune up juga terbukti aman. Bukan hanya karena performa mesinnya yang baik, akan tetapi juga tak ada kerusakan komponen di bagian mesinnya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil auto2000 tips otomotif
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top