Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masuk Musim Hujan, Simak Tips Berkendara Aman Berikut

Musim penghujan mengharuskan masyarakat untuk berkendara lebih berhati-hati. Tidak jarang, kecelakaan terjadi karena kelalaian pengemudi saat berkendara dalam kondisi hujan.
Ilustrasi./Istimewa
Ilustrasi./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Musim penghujan mengharuskan masyarakat untuk berkendara lebih berhati-hati. Tidak jarang, kecelakaan terjadi karena kelalaian pengemudi saat berkendara dalam kondisi hujan.

Vice President PT VKOOL Indo Lestari Linda Widjaja mengatakan bahwa jalanan licin dan rusak akibat hujan menjadi tantangan bagi para pengemudi saat berkendara. Visibilitas yang terbatas saat hujan juga perlu menjadi perhatian, selain kondisi kendaraan yang prima.

“Maka dari itu, kita harus menyiapkan kondisi berkendara terbaik di kendaraan kita sebelum mengemudi di musim hujan,” ujarnya dalam keterangan resmi pada Rabu (3/11/2021).

Berikut enam tips aman berkendara saat hujan yang disampaikan oleh VKOOL Indo Lestari:

Pastikan tekanan udara ban sesuai anjuran pabrikan 

Pastikan ban mobil dalam keadaan normal, termasuk tekanan udaranya. Ini penting untuk menghindari mobil tidak stabil saat dikemudikan dan membuat kendaraan tergelincir.

Acuan tekanan ban biasanya terdapat di pilar pintu pengemudi. Jika ban sudah tipis, sebaiknya diganti, karena bisa mengakibatkan grip berkurang dan pembuangan air jadi minim. Selain itu, ban yang tipis juga akan memperbesar terjadinya aquaplaning (ban tidak menapak saat melalui jalan basah).

 

Periksa kondisi semua lampu mobil

Lampu mobil saat hujan jadi media untuk mendeteksi objek yang ada di depan kita, sekaligus memperjelas pandangan pengendara. Lampu yang perlu dicek adalah lampu besar (headlamp) jarak dekat dan jauh, lampu sign (tanda), dan lampu darurat.

 

Jaga jarak kendaraan lebih jauh dibandingkan dengan saat cuaca normal

Saat kondisi hujan, selain licin dan konsentrasi terganggu, jarak pandang juga menjadi terbatas. Apalagi bila Anda kebetulan mengendarai mobil pada malam hari, atau memang siang hari namun hujan lebat membuat suasana menjadi gelap.

Menjaga jarak kendaraan di atas jarak normal menjadi salah satu tindakan yang tepat selama berkendara ketika hujan. Biarkan mobil di depan Anda menjauh dengan jarak sekitar 6 detik dari mobil Anda, atau hingga di luar jarak pandang Anda.

 

Hindari berkendara di tepi jalanan

Pada musim hujan, jalanan biasanya mudah keropos dan rusak, sedangkan struktur jalan biasanya juga tidak selalu sama. Makin ke pinggir, makin tidak rata dan mudah rusak.

Cara mengantisipasi kondisi jalan seperti ini adalah hindari berkendara di bagian sisi tepi jalan. Bagian pinggir jalan tersebut strukturnya lebih rendah dibandingkan dengan bagian tengah jalan. Saat kena air hujan dan kondisi jalanan basah, seringkali timbul genangan air apalagi jika hujannya deras.

 

Jangan sampai pandangan terhalang

Cara aman berkendara pada saat hujan adalah dengan memperhatikan jangan sampai pandangan Anda terhalang. Cara yang bisa dilakukan adalah membersihkan kaca mobil di bagian depan dan kaca bagian belakang dari berbagai kotoran yang menempel.

 

Penggunaan kaca film bening terbaik

Selain itu, gunakan kaca film berteknologi tinggi dengan tampilan yang bening, seperti VK70. Pasalnya, tidak ada film lain yang bisa meneruskan cahaya dan menolak panas sebaik dan semaksimal V-Kool.

VK 70 memiliki penerusan cahaya tampak tertinggi dibanding kaca film lainnya sehingga Anda bisa menikmati pemandangan yang leluasa dan visibilitas yang baik pada siang ataupun malam hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Khadijah Shahnaz
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper