Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

V-Kool Tawarkan Paint Protection Film Mobil, Ini Bedanya dengan Coating

PPF bekerja dengan membungkus seluruh bagian bodi mobil dengan lapisan film. Dengan demikian, proses PPF memiliki daya tahan yang lebih lama karena bentuknya fisik berupa lapisan film yang tebal ketimbang coating di mobil.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 08 April 2021  |  23:24 WIB
V/kool
V/kool

Bisnis.com, JAKARTA – PT V-Kool Indo Lestari (V-Kool), penyedia kaca film di Indonesia, menawarkan Paint Protection Film (PPF) yang diklaim lebih ampuh melindungi bodi mobil dibandingkan proses Coating.

Lianto Winata, Chief Operating Officer PT V-Kool Indo Lestari, menjelaskan bahwa selama ini masih banyak pemahaman yang salah antara PPF dan coating, terutama pada kalangan masyarakat umum.

“Banyak yang menganggap coating dan PPF itu hal yang sama, padahal jelas berbeda. Coating itu menggunakan bahan kimia pada bodi, contoh seperti waxing atau nano ceramic,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (8/4/2021).

Sementara itu, kata Lianto, PPF melapisi bodi mobil dengan plastik yang tebal dan bening. PPF juga biasa dikenal dengan istilah laminating.

Dia juga menjelaskan perbedaan mendasar dari PPF dan Coating. PPF berfungsi untuk melindungi cat dari kerusakan fisik dengan lapisan film yang tebal dan transparan, sementara coating berfungsi sebagai perawatan warna sementara.

“Penggunaan zat kimia yang dioleskan ke bodi pada proses coating dan poles memungkinkan lapisan cat orisinal bisa terkikis, dan kemungkinan permukaan cat untuk baret dan rusak masih akan tetap terjadi karena coating sangat tipis,” ujarnya.

PPF bekerja dengan membungkus seluruh bagian bodi mobil dengan lapisan film. Dengan demikian, proses PPF memiliki daya tahan yang lebih lama karena bentuknya fisik berupa lapisan film yang tebal.

“PPF ini karena dibungkus dengan film, maka bodi terlindungi dari baret halus dan warna mobil juga tetap cerah, makanya PPF itu fungsinya melindungi dan menjaga keorisinilan warna mobil,” kata Lianto.

V-Kool PPF dibuat dari bahan thermoplastic urethane (TPU) yang mampu melindungi cat kendaraan dari goresan benda tajam, baik tipis maupun dalam. Goresan kerikil, pemudaran warna oleh paparan sinar ultraviolet, jamur, hingga abrasi.

Produk ini memiliki ketebalan 0,2032 mm dan dirancang untuk melindungi cat kendaraan dari kerusakan karena zat korosif. Selain itu, perlindungan sempurna terhadap sinar ultraviolet, panas matahari, dan air membuat warna bodi mobil tidak cepat pudar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vkool
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top