Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Tertekan, Penjualan Fleet Suzuki Naik 29 Persen

Penjualan fleet Suzuki dipimpin Karimun Wagon R yang naik hingga 121 persen secara bulanan.
Karimun Wagon R. /Suzuki
Karimun Wagon R. /Suzuki

Bisnis.com, JAKARTA — PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencatat pertumbuhan angka penjualan di segmentasi fleet untuk mobil-mobil produksi dalam negeri yang menjadi andalan seperti Karimun Wagon R, All New Ertiga, dan APV pada Juli 2021 secara bulanan. 

Asst. to Sales 4W Dept. Head PT SIS Sukma Dewi mengatatakan secara keseluruhan, penjualan fleet Suzuki di  Juli 2021 meningkat sebesar 29 persen jika dibandingkan dengan Juni 2021. Masih di bulan yang sama, penjualan segmentasi fleet juga berkontribusi cukup tinggi bagi total retail atau penjualan dealer ke konsumen Suzuki, yaitu sebesar 14,9 persen.

Dia menjabarkan kenaikan penjualan fleet dipimpin Karimun Wagon R yang naik hingga 121 persen secara bulanan.

"Penjualan All New Ertiga juga meningkat 73 persen, dan APV sebesar 19 persen jika dibandingkan bulan sebelumnya. Ini membuktikan bahwa banyak perusahaan dan instansi pemerintah yang mempercayakan kendaraan operasionalnya kepada Suzuki,” kata Sukma, mengutip keterangan resmi, Kamis (19/8/2021).

Adapun, konsumen fleet Suzuki pada Juli 2021 adalah perusahaan, di mana mendominasi 76 persen. Selanjutnya intansi pemerintah 22 persen dan sisanya diserap konsumen kategori transportasi umum. 

Meski begitu, produk-produk Suzuki juga telah banyak digunakan oleh beragam konsumen fleet lainnya seperti industri perbankan, jasa, farmasi, distribusi dan logistik, FMCG (Fast Moving Consumer Goods), BUMN, dan lainnya. 

“Peningkatan penjualan segmentasi fleet di bulan Juli memotivasi kami untuk terus menghadirkan produk-produk yang bisa mendukung perkembangan usaha konsumen sesuai dengan kebutuhan mereka. Kami harap upaya ini juga dapat mendorong pertumbuhan indsutri otomotif nasional agar terus meningkat,” kata Sukma.

Sementara itu, secara total kinerja retail Suzuki pada Juli 2021 mengalami penurunan 10,5 persen secara bulanan. Sebagaimana diketahui, sepanjan bulan lalu, pemerintah menerapkan PPKM Darurat dan PPKM Level 4 untuk menekan laju penularan virus Corona. 

Penurunan itu selaras dengan kinerja industri kendaraan roda empat atau lebih secara keseluruhan. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melaporkan penjualan retail turun 2,6 persen secara bulanan, menjadi 64.028 unit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper