Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Standar Euro 4 Berlaku 2022, Isuzu Dorong Teknologi Common Rail

Penerapan Euro 4 akan berpengaruh besar pada industri secara keseluruhan sehingga perusahaan telah menyiapkan sejumlah strategi.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 28 April 2021  |  17:19 WIB
Mekanik Astra Isuzu.  - IAMI
Mekanik Astra Isuzu. - IAMI

Bisnis.com, JAKARTA — Penerapan standar Euro 4 untuk kendaraan bermesin diesel akan mulai diberlakukan pada April 2022. Isuzu, selaku pelaku industri kendaraan niaga menyatakan siap menyambut aturan baru tersebut.

General Manager Product Development PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Tonton Eko mengatakan penerapan Euro 4 akan berpengaruh besar pada industri secara keseluruhan sehingga perusahaan telah menyiapkan sejumlah strategi.

“Kesiapan ini kami breakdown dalam tiga kategori, yaitu produk, layanan aftersales yaitu servis dan spareparts, dan fasilitas pendukung seperti karoseri dan leasing partner,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Rabu (28/4/2021).

Tonton menuturkan dari sisi produksi, Isuzu lebih dulu membawa teknologi common rail di Indonesia sejak 2011 pada truk Isuzu Giga. Isuzu juga menyelamatkannya pada Elf NMR81 sejak 2018.

“Teknologi Common rail adalah teknologi yang nantinya akan digunakan pada saat implementasi kebijakan Euro 4 pada April 2022,” katanya.

Common rail adalah suatu mekanisme injeksi bahan bakar yang digunakan pada mobil diesel. Prinsip kerjanya mirip dengan electronic fuel injection atau EFI pada mobil bensin.

Sementara untuk layanan purnajual, Tonton menyebutkan bahwa Isuzu telah mencuri langkah awal dengan menggunakan teknologi common rail sehingga membuat tenaga dan sumber daya mekanik lebih siap. Isuzu juga telah memiliki 139 unit Bengkel Isuzu Berjalan (BIB), 2.403 partshop, dan 45 Bengkel Mitra Isuzu (BMI).

Untuk fasilitas pendukung, seperti karoseri dan pembiayaan (leasing), Tonton menyatakan Isuzu telah memiliki kerja sama dengan sejumlah mitra karoseri.

“Kami akan membantu dari sisi agen pemegang merek agar proses transformasi dari Euro 2 ke Euro 4 lebih lancar. Mengingat Karoseri juga harus melakukan investasi terkait dengan Surat Keputusan Rancang Bangun [SKRB],” kata Tonton.

Dia menambahkan bahwa untuk mitra leasing, Isuzu memiliki enam mitra resmi, yakni Astra Credit Companies (ACC), Adira Finance, Asia Finance, Mitsui Finance, Mandiri Tunas Finance (MTF), serta SANF Finance dari Astra Financial.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

isuzu Standard Euro 4
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top