Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Isu GR Yaris Dibanderol Rp800 Juta, Begini Tanggapan Toyota

JAKARTA – PT Toyota Astra Motor (TAM) menyatakan sejauh ini belum ada pengumuman resmi dari perusahaan terkait dengan peluncuran GR Yaris di Indonesia.
GR Yaris. //toyotagazooracing.com
GR Yaris. //toyotagazooracing.com

Bisnis.com, JAKARTA – PT Toyota Astra Motor (TAM) menyatakan sejauh ini belum ada pengumuman resmi dari perusahaan terkait dengan peluncuran GR Yaris di Indonesia.

Pernyataan itu terlontar setelah sejumlah dealer dikabarkan sudah menawarkan model yang lahir dengan DNA motorsport, terutama kejuaraan reli dunia atau World Rally Championship (WRC) ini dengan harga Rp800 jutaan.

“Yang pasti soal harga Rp800 juta itu bukan pernyataan resmi dari kami,” ujar Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy, Selasa (9/2/2021).

Kendati demikian, Anton tak menampik bahwa pertanyaan seputar GR Yaris telah membanjiri perusahaan. Mulai dari dealer hingga konsumen pecinta mobil sportif mempertanyakan kapan mobil ini akan masuk Indonesia.

GR Yaris merupakan model yang dikembangkan oleh Toyota Gazoo Racing World Rally Team. Dalam pengembangannya, GR Yaris menggabungkan kendaraan yang nyaman untuk digunakan sehari-hari dan kompetitif di ajang WRC.

Anton beberapa waktu lalu pernah menuturkan bahwa GR Yaris didesain mengikuti WRC, sehingga produksinya juga menggunakan spesifikasi mesin, transmisi, rem, dan suspensi yang mirip atau mendekati spek WRC.

Oleh karena itu, dia menilai cakupan pasar GR Yaris di Indonesia tidak besar. TAM juga masih mempelajari berbagai kemungkinan untuk membawa model tersebut ke Indonesia. “Tunggu tanggal baiknya saja,” ucapnya.

Sebagai model hatchback, GR Yaris terhitung buas. Mobil ini mengemas tenaga tinggi dari mesin turbo intercooler tiga silinder segaris 1,6 liter. Tenaga yang dihasilkannya mencapai 270 ps dengan torsi puncak 360 Nm.

Varian ini mengadopsi sistem 4WD sport “GR-Four” yang dikembangkan dengan sistem tenaga penggerak depan dan belakang. Tenaga dari mesin ini disalurkan ke roda penggerak melalui transmisi manual 6-percepatan ‘iMT’.

Untuk menempuh 100 km/jam, Yaris GR diklaim hanya memerlukan waktu 5,5 detik. Kemampuan itu tidak terlepas dari perpaduan tenaga tinggi dan bodi ringan hasil penggunaan aluminium untuk kap, pintu belakang, dan panel pintu.

Adapun, bagian atas dari GR Yaris juga dilengkapi panel atap plastik yang diperkuat serat karbon dan dibentuk menggunakan metode compound moulding.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper