Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mendekati Debutnya, Mungkinkah GR Yaris Dijual di Indonesia?

GR Yaris merupakan model yang lahir dengan DNA motorsport, terutama di kejuaraan reli dunia atau World Rally Championship (WRC)
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 14 September 2020  |  16:58 WIB
GR Yaris terbaru resmi diperkenalkan di Jepang, Selasa (2/6 - 2020) / www.toyota.co.uk
GR Yaris terbaru resmi diperkenalkan di Jepang, Selasa (2/6 - 2020) / www.toyota.co.uk
Bisnis.com, JAKARTA – Peluncuran GR Yaris di Jepang tinggal selangkah lagi. Mobil ini rencananya akan dirilis secara virtual di Jepang pada 16 September 2020.
 
PT Toyota Astra Motor (TAM), agen pemegang merek Toyota Indonesia, tidak menampik bahwa pertanyaan seputar GR Yaris membanjiri perusahaan. Mulai dari dealer hingga konsumen pecinta mobil sportif mempertanyakan kapan mobil ini akan masuk Indonesia.
 
“Saat ini banyak pertanyaan dari konsumen dan dealer mengenai GR Yaris,” kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM dalam sebuah diskusi virtual baru-baru ini.
 
Anton menuturkan bahwa GR Yaris merupakan model yang lahir dengan DNA motorsport, terutama di kejuaraan reli dunia atau World Rally Championship (WRC)
 
Pengembangan mobil tersebut dilakukan oleh Toyota Gazoo Racing World Rally Team, yang menggabungkan kendaraan nyaman untuk digunakan sehari-hari dan kompetitif di ajang WRC.
 
“Yaris GR ini didesain mengikuti WRC, jadi untuk produksi massalnya juga akan menggunakan spesifikasi mesin, transmisi, rem, dan suspensi yang mirip atau mendekati spek WRC,” ucap Anton.
 
Oleh karena itu, Anton menilai bahwa cakupan pasar GR Yaris tidak besar. Di sisi lain TAM juga masih ingin mempelajari berbagai kemungkinan untuk membawa model tersebut ke Indonesia.
 
“Kami akan pelajari dulu kemungkinannya masuk ke Indonesia. Jadi, saya belum bisa mengatakan apa-apa sebelum diputuskan,” ujarnya.
 
Sebagai model hatchback, GR Yaris terhitung buas. Mobil ini mengemas tenaga tinggi dari mesin turbo intercooler tiga silinder segaris 1,6 liter. Tenaga yang dihasilkannya mencapai 270 ps dengan torsi puncak 360 Nm.
 
Varian ini mengadopsi sistem 4WD sport “GR-Four” yang dikembangkan dengan sistem tenaga penggerak depan dan belakang. Tenaga dari mesin ini disalurkan ke roda penggerak melalui transmisi manual 6-percepatan ‘iMT’.
 
Untuk menempuh 100 km/jam, Yaris GR diklaim hanya memerlukan waktu 5,5 detik. Kemampuan itu tidak terlepas dari perpaduan tenaga tinggi dan bodi ringan hasil penggunaan aluminium untuk kap, pintu belakang, dan panel pintu.
 
Adapun,bagian atas dari GR Yaris juga dilengkapi panel atap plastik yang diperkuat serat karbon dan dibentuk menggunakan metode compound moulding.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Toyota Astra Motor Toyota Yaris
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top