Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lagi Musim Hujan, Ini Pentingnya Memasang Kaca Film Mobil

Kaca film pada mobil dinilai mampu menunjang visibilitas saat berkendara di musim hujan karena dapat menjadi faktor penentu dalam keselamatan.
Penggunaan kaca film dengan kegelapan di atas 40 persen bisa mengurangi pandangan. /V-Kool
Penggunaan kaca film dengan kegelapan di atas 40 persen bisa mengurangi pandangan. /V-Kool

Bisnis.com, JAKARTA – Kaca film pada mobil dinilai mampu menunjang visibilitas saat berkendara di musim hujan karena dapat menjadi faktor penentu dalam keselamatan.

Billy Susanto, Head of Aftersales PT V-Kool Indo Lestari, menuturkan pemasangan kaca film pada kendaraan roda empat dapat meningkatkan penglihatan sehingga pengemudi menjadi fokus saat berkendara.

“Kalau visibilitas tidak bagus, otomatis membuat kewaspadaan berkendara akan berkurang. Makanya kami di V-Kool sangat serius memperhatikan visibilitas yang bagus dari sisi kabin dalam segala kondisi,” ujarnya dalam siaran pers, Sabtu (30/1/2021).

Billy mengingatkan saat berkendara di musim hujan, pastikan kaca film tidak berembun karena akan mengganggu pandangan. Selain itu, AC yang tidak menyala maksimal juga membuat suhu kabin sedikit lebih hangat dari suhu luar, kaca dalam berembun.

“Sebaiknya tetap melakukan perawatan atau perbaikan mobil agar tidak ada lagi embun yang muncul. Lakukan penggantian karet wiper yang sudah getas atau perbaiki AC apabila hembusannya sudah kurang sejuk,” kata Billy.

Kondisi kabin mobil perlu dijaga agar bersih dan kering dengan membersihkan karpet dek mobil secara teratur. Karpet basah menyebabkan udara di kabin ikut lembab dan menjadi salah satu faktor kaca berembun.

Di sisi lain, pemilihan kaca film dinilai turut memengaruhi visibilitas pengemudi saat hujan. Bill menyatakan sebaiknya pilih kaca film dengan tingkat kegelapan maksimal 40 persen untuk kaca depan.

“Penggunaan kaca film dengan kegelapan di atas 40 persen bisa mengurangi pandangan, terutama jika malam hari dan atau pada saat hujan,” tuturnya.

Sementara pada iklim dan panas tropis, kaca film V-Kool diklaim memiliki teknologi spectrally selective, yang mampu meneruskan cahaya tampak (visible light transmission) dan menolak sinar infra merah dan ultra violet lebih dari 99 persen.

Teknologi spectrally selective, lanjutnya, secara efektif mengurangi panas matahari masuk ke dalam kabin. Namun, tetap mempertahankan tingkat cahaya tampak yang tinggi masuk kabin.

“Singkatnya, kaca film ini berpenampilan bening, namun menolak panas dengan sangat baik,” kata Billy.

Menurutnya, kaca film mobil V-Kool dibuat menggunakan material pilihan berkualitas premium dengan polyester terbaik dan diklaim hanya satu persen produksi polyester dunia yang memenuhi standar tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper