Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

V-Kool Rilis Kaca Film Buat Mobil Listrik, Apa Bedanya?

Produk ini diklaim mampu menolak panas tinggi matahari, sehingga area kabin pada mobil listrik terasa sejuk.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 04 Maret 2021  |  05:42 WIB
Ilustrasi penggunaan kaca film dengan kegelapan di atas 40 persen yang bisa mengurangi pandangan.  - V/Kool
Ilustrasi penggunaan kaca film dengan kegelapan di atas 40 persen yang bisa mengurangi pandangan. - V/Kool

Bisnis.com, JAKARTA – PT V-Kool Indo Lestari meluncurkan kaca film V-Kool VK702. Produk ini diklaim mampu menolak panas tinggi matahari, sehingga area kabin pada mobil terasa sejuk.

Kemampuan tersebut dapat mendorong efisiensi energi pada mobil listrik. Pasalnya dengan kondisi suhu kabin yang dingin, AC cukup pada posisi low, sehingga kompresor tidak terus-menerus bekerja dan berakibat menguras baterai mobil listrik.

Head of After Sales Service Div. PT V-Kool Indo Lestari, Billy Susanto mengatakan bahwa pemilihan komponen mobil listrik sebaiknya didasarkan pada fungsinya, salah satunya kaca film.

“Anggapan semakin gelap kaca film maka semakin menolak panas, sejatinya lahir karena ketidaktahuan dalam membedakan antara panas dengan silau,” ujar Billy, dalam keterangan tertulis, Rabu (3/3/2021).

Menurutnya, panas matahari akan dirasakan melalui sengatan perih ke kulit atau timbulnya hawa panas, sedangkan silau adalah cahaya yang masuk dan diteruskan ke dalam ruang kabin yang tidak membawa energi panas menyengat.

Oleh sebab itu, lanjutnya, suhu di kabin mobil listrik butuh pendinginan lebih cepat untuk mereduksi energi terbuang yang diakibatkan oleh kompresor AC. Untuk mencegah ini, konsumen dapat menggunakan kaca film dengan kemampuan menolak panas.

Billy mengatakan V-Kool VK702 dapat digunakan untuk kaca depan, dengan tingkat kegelapan 20 persen. Meski cahaya masuk banyak, tapi panas menyengat tidak akan terasa sehingga kabin terasa sejuk.

“Hal ini disebabkan karena VK70 akan meneruskan 70 persen cahaya tampak matahari [VLT] namun menolak 94 persen sinar infra merah penyebab panas,” tuturnya.

Sementara untuk kaca samping dan belakang, bisa menggunakan kaca film lebih gelap. Hal ini untuk menjaga sisi keamanan dan juga privasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik kaca film v-kool
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top