Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sewindu, Astra Daihatsu Produksi Mobil Hemat 1,1 Juta Unit

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mencapai produksi mobil hemat energi dan berharga miring alias low cost green car sebanyak 1,1 juta unit secara kumulatif dalam sewindu terakhir.
Jejeran unit produksi Astra Daihatsu Motor di fasilitas logistik pabrikan. /ADM
Jejeran unit produksi Astra Daihatsu Motor di fasilitas logistik pabrikan. /ADM

Bisnis.com, JAKARTA - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mencapai produksi mobil hemat energi dan berharga miring alias low cost green car sebanyak 1,1 juta unit secara kumulatif dalam sewindu terakhir.

Capaian ini adalah untuk semua low cost green car (LCGC) yang diproduksi di Indonesia, baik sebagai merek Daihatsu atau Toyota, untuk memenuhi permintaan di pasar domestik dan ekspor dalam bentuk CBU (completely built up).

"Terima kasih kepada semua pelanggan yang telah membeli produk LCGC dari ADM, sehingga produksi ADM pada segmen ini telah mencapai lebih dari 1,1 juta unit dalam 1 windu," ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Selasa (26/1/2021).

Terdapat dua segmen kendaraan LCGC yang diproduksi ADM. Pertama, adalah hatchback, yaitu Astra Daihatsu Ayla, Astra Toyota Agya, dan Toyota Wigo yang sejak peluncuran perdananya pada 2013 hingga 2020 telah mencapai lebih dari 650.000 unit.

Kedua, adalah LCGC berjenis MPV (multipurpose vehicle), yaitu produk kolaborasi Astra Daihatsu Sigra dan Astra Toyota Calya. Produksi pada kendaraan di segmen ini telah mencapai lebih dari 465.000 unit sejak peluncuran perdananya.

Capaian total produksi dari kedua segmen LCGC yang menembus lebih dari 1,1 juta unit ini berkontribusi sekitar 29 persen dari jumlah total produksi ADM yang berkisar sekitar 3,8 juta unit pada 2013 – 2020.

Capaian ini merupakan salah satu catatan penting ADM, dan menandakan bahwa kendaraan LCGC yang diproduksi ADM menjadi salah satu produk yang paling diminati di pasar domestik, maupun pasar ekspor.

Prestasi ini melengkapi sejarah ADM yang sebelumnya telah mencapai produksi kendaraan 1 juta unit pada 2005, 2 juta unit pada 2010 disertai penghargaan rekor dari MURI, serta 3 juta unit (2013), 4 juta unit (2015), 5 juta unit (2017), dan 6 juta unit (2019).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper