Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terungkap Mengapa Honda Brio Jadi Mobil Terlaris 2020

Peta pasar kendaraan roda empat di Indonesia pada 2020 mengalami perubahan seiring dengan pergeseran minat konsumen terhadap model di pasaran.
Honda Brio./Dok. Istimewa
Honda Brio./Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Peta pasar kendaraan roda empat di Indonesia pada 2020 mengalami perubahan seiring dengan pergeseran minat konsumen terhadap model di pasaran.

Selama 15 tahun terakhir, takhta mobil terlaris selalu dipegang oleh Toyota Avanza yang mengisi segmen low multipurpose vehicle (LMPV). Namun, kondisi itu berubah pada 2020. Kejutan datang dari duet Honda Brio RS dan Satya yang muncul sebagai mobil terlaris.

Data penjualan wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan Honda Brio menjadi mobil terlaris dengan catatan penjualan sebanyak 40.879 unit sepanjang tahun 2020.

Di posisi kedua ada kendaraan niaga pikap Suzuki Carry yang membukukan penjualan sebanyak 38.072 unit. Adapun, Toyota Avanza bertengger di peringkat ketiga dengan capaian wholesales 35.754 unit.

Lengsernya Toyota Avanza dari puncak mobil terlaris diikuti oleh turunnya pamor segmen LMPV di pasar otomotif Indonesia.

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy, mengatakan kontribusi segmen LMPV terhadap total pasar roda empat di Indonesia pada tahun 2020 turun menjadi 16 persen dari sebelumnya 22 persen pada 2019.

“Pasar otomotif mengalami perubahan di masa pandemi lalu. Secara keseluruhan mobil keluarga 7-penumpang atau LMPV turun menjadi sekitar 16 persen dari total market,” ungkap Billy, Senin (18/1/2021).

LMPV pada semester pertama 2019 diketahui menjadi segmen terlaris dengan kontribusi sebesar 22,7 persen dari total penjualan otomotif nasional. Sementara pada semester II/2019, segmen tersebut menopang 21,2 persen dari keseluruhan penjualan.

Direktur Mobil88 Halomoan Fischer mengungkapkan bahwa hal tersebut merupakan cerminan baru tren kendaraan roda empat di Indonesia. Dia menilai konsumen mobil baru kian rasional dalam memilih mobil yang lebih kompak.

“Sekarang [konsumen] sudah tidak menganut banyak anak, banyak rezeki. Rumah-rumah baru juga tidak seperti dulu, carportnya kebanyakan terbatas. Belum lagi yang memilih di apartemen middle-low lahan parkir sangat terbatas,” tuturnya pada akhir Desember 2020.

Sementara itu, Billy menyatakan pencapaian Brio sebagai mobil terlaris di Tanah Air pada 2020 sejalan dengan perubahan perilaku konsumen di era pandemi, terutama dalam penggunaan media daring dan pergeseran dari transportasi umum ke mobil pribadi.

Menurutnya, kedua faktor tersebut mendorong bertumbuhnya pasar untuk pembeli mobil pertama atau first time buyer, terutama dari kalangan anak muda dan keluarga muda.

Berikut adalah daftar 10 mobil terlaris sepanjang Januari sampai dengan Desember 2020:

1. Honda Brio: 40.879 unit

2. Suzuki Carry: 38.072 unit

3. Toyota Avanza 35.754 unit

4. Daihatsu Gran Max (minibus dan pikap): 32.373 unit

5. Toyota Rush: 29.361 unit

6. Toyota Kijang Innova: 27.594 unit

7. Mitsubishi Xpander: 26.362 unit

8. Toyota Calya: 23.442 unit

9. Daihatsu Sigra: 23.295 unit

10. Mitsubishi L300: 16.088 unit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper