Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BL-SEV01, Motor Listrik Sportif Buatan Universitas Budi

Universitas Budi Luhur meluncurkan motor listrik buatan anak bangsa yang diberi nama Budi Luhur-Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01).
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 14 Januari 2021  |  17:00 WIB
BL-SEV01 menggendong motor listrik BLDC 96 Volt bertenaga 16 kW, serta didukung baterai 48 Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Motor ini diklaim mampu melaju hingga 110 km dalam sekali pengisian yang memakan waktu empat jam.  - Bisnis.com/Dionisio
BL-SEV01 menggendong motor listrik BLDC 96 Volt bertenaga 16 kW, serta didukung baterai 48 Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Motor ini diklaim mampu melaju hingga 110 km dalam sekali pengisian yang memakan waktu empat jam. - Bisnis.com/Dionisio

Bisnis.com, JAKARTA – Universitas Budi Luhur meluncurkan motor listrik buatan anak bangsa yang diberi nama Budi Luhur-Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01).

BL-SEV01 digerakkan oleh tenaga listrik sebagai sumber tenaganya. Motor ini dikembangkan oleh civitas akademika Universitas Budi Luhur, yang didukung Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan dibantu oleh Katros Garage untuk desain kendaraan.

Rektor Universitas Budi Luhur Wendi Usino mengatakan perkembangan teknologi di era industri 4.0 membuat para akademisi tidak bisa berdiam diri, tetapi harus bisa berkembang untuk berpikir jauh ke depan demi perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia.

“Semoga hasil pemikiran dan wawasan teknologi motor listrik yang dihadirkan Universitas Budi Luhur mendapat dukungan dari semua pihak demi kemajuan industri yang ramah lingkungan, ekonomis, dan solusi untuk energi terbarukan,” ujarnya, Kamis (14/1/2021).

Dalam prosesnya, baik pengajar maupun mahasiswa Universitas Budi Luhur mengembangkan motor listrik, baterai, dan modul pada BL-SEV01. Ketiga komponen ini dikembangkan agar bekerja optimal sesuai kondisi, karakteristik dan medan di Indonesia.

Semua komponen yang dikembangkan ini diklaim sudah teruji dan terbukti bisa berfungsi dengan baik setelah melalui rangkaian tes di laboratorium milik LIPI.

Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro, menuturkan bahwa universitas telah lama merencanakan pengembangan mobil dan motor listrik hasil karya anak bangsa.

“Riset kami menjadi bagian dari misi Universitas Budi Luhur dalam memfasilitasi dan memotivasi civitas akademika untuk mencapai penelitian bermutu, serta melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Bicara soal spesifikasi, BL-SEV01 menggendong motor listrik BLDC 96 Volt bertenaga 16 kW, serta didukung baterai 48 Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Motor ini diklaim mampu melaju hingga 110 km dalam sekali pengisian yang memakan waktu empat jam.

Motor tersebut juga mengusung desain model Cafe Racer, yang menegaskan performa dan ketangguhan sebuah motorsport. Pemilihan desain ini disesuaikan dengan performa dari BL-SEV01 yang diklaim setara dengan kemampuan motor sport 300 cc.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Motor Sport Sepeda Motor Listrik
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top