Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rekomendasi Motor 250cc Terbaik, dari Kawasaki hingga Benelli

Berikut pilihan motor 250cc terbaik dari sport hingga skutik.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 04 Januari 2021  |  16:49 WIB
Rekomendasi Motor 250cc Terbaik, dari Kawasaki hingga Benelli
Honda CBR250RR SP Quick Shifter hadir dengan stripe baru dan tersedia dengan pilihan warna Bravery Red Black. - AHM
Bagikan

Bisnis.com, Jakarta -- Motor sport berkubikasi mesin 250cc sering kali menjadi impian banyak orang yang menyukai kecepatan tinggi dan motor berbadan bongsor. Kawasaki Ninja 250, Honda CBR250RR, dan Yamaha R25 adalah tiga motor teratas saat berbicara segmentasi ini. 

Namun sebenarnya ada banyak jenis motor 250cc yang dipasarkan di Indonesia. Mulai dari yang tergolong sport, naked bike, trail, adventure, hingga skutik. Semuanya memiliki karakter yang berbeda sesuai dengan habitatnya. Sebagai contoh, ada Kawasaki KLX 250 yang lebih cocok dipakai di jalan offroad dan juga Yamaha MT-25 yang menyukai motor sport dengan tampilan tanpa fairing. 

Guna mengetahui secara pasti mengenai harga dan spesifikasi setiap tipe motor 250cc  yang dipasarkan di Indonesia, silahkan simak informasi yang telah dirangkum Bisnis.com berikut: 

1. Kawasaki W250

Inilah satu-satunya motor sport retro 250cc yang dipasarkan di Indonesia. Motor ini memakai mesin 1 Silinder yang bisa mengeluarkan tenaga 18 PS dan torsi 18 Nm. Bukan mesin yang menjadi daya tarik W250 atau dikenal dengan nama Estrella ini, melainkan tampilan jadul layaknya motor lawas. Kendati memiliki tampilan klasik, motor ini sudah menggunakan teknologi Injeksi, sehingga fiturnya tetap modern dan nyaman dipakai untuk kendaraan sehari-hari.

Namun, memang motor ini tergolong mahal bila dibandingkan dengan motor lain berkubikasi mesin serupa. Kawasaki membanderol W250 dengan harga Rp76,4 juta.

2. Viar Vortex 250

Viar adalah satu pabrikan lokal yang cukup berani masuk ke dalam pasar 250cc. Motor ini menggunakan mesin satu Silinder 249cc yang bisa mengeluarkan daya maksimum 18.5 kW pada 9.000 rpm dan torsi 22.5 Nm pada 7.000 rpm.
Namun sayangnya Viar Vortex belum mengadopsi teknologi Fuel Injection. Namun sepertinya kekurangan tersebut akan bisa ditutup oleh tampilang sangar khas motor  touring yang dioptimalkan oleh suspensi upside down dan double disk brake pada roda depan serta belakang

Saat ini Viar Vortex 250 on the road untuk wilayah Jabodetabek senilai yaitu Rp51,1 juta. 

3. Benelli TNT-250

Motor sport 250cc ini memiliki mesin 2 silinder yang membuatnya memiliki suara mirip motor gede. Konfigurasi mesinnya memang berbeda dari motor asal Jepang, sehingga suaranya diklaim lebih merdu layaknya motor 3 Silinder atau 4 Silinder.
Soal spesifikasi, motor asal Italia ini berbekal mesin 2 silnder DOHC berpendingin cairan yang bisa mengeluarkan tenaga sebesar 23.5 kW dan torsi 20 Nm. Benelli TNT 250 juga dilengkapi 2 cakram pada roda depan yang notabennya tidak dimiliki motor sekelasnya.

Harga on the road motor ini lebih kurang serupa dengan pemain di kelasnya, yakni Rp53,8 juta. 

4. KTM Duke 250

KTM adalah satu pabrikan yang sudah cukup serius memasarkan produknya di Indonesia. Hal ini ditandai dengan pembangunan pabrik perakitan di yang siap produksi beberapa motor sport 250cc. KTM Duke 250 sendiri merupakan motor bergaya naked bike yang telah dilengkapi suspensi upside down, rem ABS, dan mesin 1 silinder berkapasitas 248.8 cc yang bisa mengeluarkan tenaga sebesar 23 kW. Motor ini juga memiliki ban tubeless bawaan berukuran besar yang terpasang pada roda depan serta belakang lengkap dengan rem cakram berteknologi ABS.
Harga KTM Duke 250 berdasarkan website KTM Indonesia adalah Rp69,5 juta. 

5. Kawasaki Ninja 250SL

Tidak semua motor sport 250cc dipatok dengan kisaran harga Rp50 juta. Salah satu varian Kawasaki ini dilego dengan harga Rp40,6 juta. Motor ini tercatat beberapa kali mendapatkan penurunan harga. 
Sebagai informasi, Kawasaki Ninja 250SL memakai mesin 249cc DOHC silinder tunggal 4 katup dengan pendingin cairan. Berkat mesin itu, motor  Kawasaki ini punya tenaga maksimal 27,6 dk pada 9.700 rpm.

6. Yamaha MT-25

Yamaha MT-25 bisa dibilang salah satu motor sport 2 silinder berkubikasi mesin 250cc paling murah di Indonesia. Motor ini dipatok pada kisaran harga Rp55 juta.
Selain harga, MT-25 juga memiliki kelebihan lain, yakni menggunakan mesin milik Yamaha R25. Namun MT-25 belum dilengkapi sistem pengereman ABS dan belum memakai upside down. 

7. Yamaha XMax

Selain sport, touring, dan trail, motor berkubikasi mesin 250cc juga punya skutik. Motor ini menggunakan mesin Liquid Cooled 4-stroke, SOHC bersilinder 250cc. Bermodal itu, XMax 250 bisa menghasilkan tenaga sebesar 16.8 Kw pada 7.000 rpm dengan torsi puncak sebesar 24.3 Nm pada 5.500 rpm. 
Tidak heran bila dibandingkan dengan  skutik 150cc, harga Xmax on the road wilayah DKI Jakarta terbilang sangat tinggi. Saat ini Yamaha memasang harga Rp61,48 juta. 

8. Honda CBR250RR

Soal performa di atas kertas, Honda CBR250RR memang kalah dari Ninja 250. Namun fitur motor ini lebih lengkap. Hal ini tidak lepas dari pemakaian suspensi depan Upside Down yang sekaligus menjadikan tampilan luar CBR250RR terlihat lebih gahar.
Selain itu, tersedia pula fitur Riding Mode untuk memaksimalkan kinerja mesin 2 Silinder 250cc yang bisa mengeluarkan tenaga 38.7 PS dan torsi 23.3 Nm. Honda juga menyediakan varian ABS yang dibanderol lebih mahal, tetapi  menawarkan sistem pengereman lebih baik saat pengendaranya mengerem mendadak.
Honda mematok harga sekitar Rp74,1 juta untuk varian tertinggi CBR250RR. 

9. Kawasaki KLX 250

Kawasaki KLX 250cc memiliki mesin yang memiliki power dan akselerasi sangat baik. Melihat tampilannya, tentu model ini adalah pilihan untuk konsumen roda dua yang hobi berpetualang melalui jalanan aspal maupun segala medan offroad. Motor ini menawarkan akselarasi, balance, riding position yang nyaman dan ditunjang oleh bobot kendaraan yang ringan. Di balik bodi langsing dan tingginya, KLX 250 memilki mesin yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 18 kW dan torsi 21 Nm. Kawasaki juga tidak ketinggalan menyematkan suspensi upside down 43mm pada bagian depan bebarengan dengan rem cakram di roda depan serta belakang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepeda motor
Editor : Muhammad Khadafi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top