Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Volkswagen Pacu Jaringan Charger Daya Mobil Listrik

Volkswagen terus memacu perluasan jaringan infrastruktur pengisian daya. Pada 2021, pabrikan mobil Jerman ini akan menambah sekitar 50 persen dari yang tersedia saat ini.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 02 Januari 2021  |  15:00 WIB
Volkswagen ID3 sedang mengisi daya listrik.  - Volkswagen
Volkswagen ID3 sedang mengisi daya listrik. - Volkswagen

Bisnis.com, JAKARTA - Volkswagen terus memacu perluasan jaringan infrastruktur pengisian daya. Pada 2021, pabrikan mobil Jerman ini akan menambah sekitar 50 persen dari yang tersedia saat ini.

Volkswagen berencana membangun 750 titik pengisian baru pada 2021, termasuk stasiun pengisian daya tinggi pertama dengan daya hingga 300 kW. Sampai akhir 2021, Volkswagen menargetkan operasional sekitar 2.000 titik pengisian daya.

Saat ini, sudah ada lebih dari 1.200 titik pengisian daya di sepuluh lokasi Volkswagen di Jerman. Sebagian besar dapat diakses publik dan juga dapat digunakan oleh pengemudi EV yang tidak bekerja untuk Volkswagen.

Pusat pengisian terbesar dengan sekitar 500 titik pengisian terletak di Wolfsburg. Taman pengisian lain telah dipasang di Hanover, Brunswick, Salzgitter, Kassel, Emden, Osnabrück, Zwickau, Chemnitz, dan Dresden.

Dalam dua belas bulan terakhir saja, Volkswagen mencatat lebih dari 50.000 operasi pengisian daya di lokasinya terlepas dari korona. Tenaga tersebut secara eksklusif berasal dari sumber energi terbarukan.

“Seperti yang diumumkan, 2020 menandai dimulainya serangan listrik besar-besaran Volkswagen," kata Thomas Ulbrich, Anggota Dewan Manajemen Merek Volkswagen, yang bertanggung jawab atas mobilitas-elektronik.

Pada 2020, Volkswagen berhasil meluncurkan ID.31, dan telah menindaklanjutinya dengan model berikutnya, ID.4. Volkswagen juga memberikan kontribusi penting pada perluasan infrastruktur pengisian daya yang sangat dibutuhkan.

"Kami membutuhkan lebih banyak titik pengisian daya di Jerman dan Eropa jika kendaraan listrik ingin berkembang cepat. Oleh karena itu, semua pemain dari bidang politik dan industri harus melanjutkan usahanya di tahun mendatang.”

Volkswagen memiliki komitmen komprehensif untuk pengisian daya. Sekitar 4.000 titik pengisian harus dipasang di lokasi merek pada 2025. Dealer Volkswagen juga memperluas opsi pengisian baru dalam skala besar.

Nantinya, setiap dealer Volkswagen di Jerman akan menyediakan setidaknya satu charger AC dengan daya 11 kW dan satu charger DC dengan daya 22 kW. Selain itu, Grup terlibat di seluruh dunia dalam menyiapkan jaringan pengisian cepat - melalui Ionity di Eropa, Electrify America di AS dan CAMS di China.

Permintaan ID

Volkswagen juga menawarkan kotak dinding berpemilik, layanan pengisian dan tarif listrik ramah lingkungan melalui anak perusahaannya Elli. Pengisian daya rumah sedang booming. Dalam tiga bulan terakhir saja, pengiriman kotak dinding pribadi oleh Elli mencapai angka lima digit.

Di Jerman, permintaan didorong oleh program insentif untuk stasiun pengisian daya pribadi yang menawarkan bonus €900 untuk pembelian kotak dinding yang terhubung. Volkswagen memasok dua model yang memenuhi syarat untuk mendapatkan bonus - ID. Charger Connect (€599) dan ID. Pengisi Daya Pro (€ 849).

Meskipun permintaan tinggi, waktu pengiriman untuk model ini saat ini sekitar dua pekan.

Volkswagen adalah produsen mobil pertama yang berkomitmen pada Perjanjian Paris dan bertujuan untuk menjadi netral iklim pada 2050. Di bawah perencanaan jangka panjangnya untuk sepuluh tahun ke depan, Grup ini bermaksud untuk meluncurkan sekitar 70 model listrik pada 2030. Sekitar 20 di antaranya sudah dalam produksi, dengan 50 lainnya akan menyusul.

Diproyeksikan, total produksi pada 2030 mencapai 26 juta mobil listrik. Grup berencana untuk menghabiskan sekitar €35 miliar untuk e-mobilitas saja.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

volkswagen charger stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU)
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top