Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Suzuki di India Mulai Uji Coba Produksi Jimny 3 Pintu

Maruti Suzuki dikabarkan telah memulai uji coba produksi Jimny 3 pintu di pabrik Gurugram, India, jelang peluncurannya pada 2021.
Suzuki Jimny Pintu 3. /Suzuki
Suzuki Jimny Pintu 3. /Suzuki

Bisnis.com, JAKARTA – Maruti Suzuki dikabarkan telah memulai uji coba produksi Jimny 3 pintu di pabrik Gurugram, India, jelang peluncurannya pada 2021.

Dikutip dari Autocar India, sebanyak 50 unit Jimny telah dirakit. Mobil yang diimpor secara terurai atau completely knocked down (CKD) dari Jepang ini, rencananya ditujukan untuk menggarap pasar ekspor.

Jimny adalah generasi keempat dari Maruti Suzuki Gypsy, mobil yang diklaim sangat digemari pelanggan di India selama bertahun-tahun. Kabarnya, Jimny baru akan memiliki tiga pintu, didukung sasis rangka tangga serta berpenggerak 4X4.

Di balik kap, Jimny rakitan India menggendong mesin bensin 1,5 liter yang dikawinkan dengan transmisi lima kecepatan atau otomatis empat kecepatan opsional. Mesin ini dianggap mampu memuntahkan tenaga sebesar 105 hp.

Dalam pemberitaan beberapa waktu lalu, Suzuki Jimny Sierra, yang dipamerkan dalam ajang Auto Expo India pada Februari 2020, tertangkap sedang melakukan uji coba di jalan raya.

Suzuki Jimny Sierra merupakan mobil hasil produksi di Jepang. Di negara itu, Jimny hadir dalam dua konfigurasi, yakni tipe Kei Car yang menggunakan mesin bensin 660 cc dan Sierra menggendong mesin 1500 cc.

Menurut rencana, Maruti India akan meluncurkan Jimny Sierra 5 pintu tahun depan. Mobil ini diprediksi menggunakan mesin K15B 1.500 cc, yang juga digunakan di Vitara Brezza, Ciaz dan Ertiga.

Selain itu, Maruti India juga akan memproduksi Jimny 3 pintu untuk pasar ekspor, sementara versi 5 pintu akan difokuskan untuk memenuhi pasar domestik.

Suzuki Jimny dipastikan tidak memiliki saingan serupa di pasar otomotif India. Model tersebut akan mengisi ceruk pasar yang ditinggalkan Maruti Gypsy.

Kendati demikian, para off-roader kemungkinan membandingkan kemampuan Jimny dengan Force Gurkha baru dan Mahindra Thar generasi kedua yang baru saja diluncurkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper