Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Keran Pemesanan Suzuki Jimny Disetop, Mau Produksi Lokal?

Model reinkarnasi Suzuki Jimny mendapat sambutan luar biasa di pasar Indonesia. Namun, keran pemesanan mobil tersebut belum juga dibuka hingga saat ini.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 06 Oktober 2020  |  05:00 WIB
Suzuki Jimny.  - Suzuki
Suzuki Jimny. - Suzuki

Bisnis.com, JAKARTA -Di masa pandemi Covid-19, agen pemegang merek mobil semakin rajin meluncurkan produk baru untuk menggairahkan pembelian. Sementara itu, model reinkarnasi Suzuki Jimny yang mendapat sambutan luar biasa di pasar Indonesia justru keran pemesanannya belum juga dibuka lagi.

Saking larisnya, sejak 1 September 2019, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah menghentikan pemesanan terhadap mobil SUV kompak tersebut.

"Sebetulnya dari bulan September tahun lalu, kami sudah menutup keran untuk tambahan inden, sampai sekarang belum buka lagi Surat Pemesanan Kendaraan (SPK)," ujar Direktur Pemasaran 4W Donny Saputra, beberapa waktu lalu.

Donny menambahkan Indonesia merupakan satu dari tiga basis produksi utama Suzuki, selain Jepang dan India, yang menjadi kandidat terkuat untuk mendapatkan izin produksi Jimny.

Apalagi, permintaan pasar domestik sangat kuat. Jatah pasokan yang minim dari Jepang, sekitar 40 unit hingga 50 unit sebulan, telah membuat antrean pembeli mengular hingga 10 tahun.

Di India, Maruti Suzuki santer dikabarkan akan memproduksi Jimny di pabrik Guragon. Namun, belum ada informasi resmi prinsipal di Jepang maupun agen pemegang merek di India itu.

"Selama itu informasinya bukan dari Suzuki Corporation Jepang, kami tidak bisa mengonfirmasi kebenarannya," ucap Donny.

Donny memastikan pihaknya masih berjuang melobi prinsipal agar Jimny diproduksi di Indonesia. Menurutnya, Suzuki Indomobil mampu memenuhi kriteria untuk memproduksi lokal.

Pihaknya juga memiliki hitung-hitungan produksi, potensi pasar domestik, dan ekspor apabila Jimny diproduksi di Indonesia.

Suzuki di Indonesia memiliki kapasitas pabrik 240.000 unit per bulan. Adapun PT Suzuki Indomobil Motor tahun lalu produksi 62.847 unit atau 26 persen dari kapasitas.

Maruti Suzuki pun melobi prinsipal di Jepang. Pabriknya berkapasitas 2 juta unit per tahun, tetapi memiliki beban berat untuk menopang penjualan 150.000 per bulan atau 1,8 juta per tahun.

“Dari kemarin kami fight [agar Jimny diproduksi di Indonesia]. Sekarang kami tunggu keputusannya [prinsipal] saja," tutur Donny.

Suzuki Jimny diluncurkan pertama kali sejak 2 tahun terakhir atau tepat pada 5 Juli 2018. Di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, mobil 4WD ini langsung menyedot perhatian.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

produk lokal Suzuki Jimny
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top