Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mau Beli Mobil Secara Kredit? Ini Empat Syarat yang Wajib Dipenuhi

Membeli mobil secara kredit memerlukan perusahaan pembiayaan guna membantu proses cicilan berkala. Namun, tentu ada syarat agar pengajuan kredit diterima.
Dealer Mobil Auto2000. esarnya uang muka yang dibayarkan akan sangat mempengaruhi nominal cicilan Anda.  /Auto2000
Dealer Mobil Auto2000. esarnya uang muka yang dibayarkan akan sangat mempengaruhi nominal cicilan Anda. /Auto2000

Bisnis.com, JAKARTA - Membeli mobil secara kredit memerlukan perusahaan pembiayaan guna membantu proses cicilan berkala. Namun, tentu ada syarat agar pengajuan kredit diterima.

Masing-masing perusahaan pembiayaan memiliki beberapa syarat awal yang harus dipenuhi dan biasanya persyaratan sangat variatif. Namun, secara garis besar, berikut adalah syarat kredit mobil baru yang harus dipenuhi calon pembeli menurut Auto2000.

1. Pilih Mobil yang Sesuai Kemampuan

Syarat kredit mobil baru yang pertama adalah memilih mobil sesuai dengan kemampuan. Pihak leasing akan melihat pilihan mobil yang dicicil karena ini berpengaruh pada kondisi keuangan Anda. Untuk itu, hindari memilih mobil dengan harga yang melampaui kemampuan finansial.

Cicilan memang tidak membuat Anda mengeluarkan banyak uang sekaligus, tetapi jika jumlahnya terlalu besar tentu akan mempengaruhi manajemen keuangan. Apalagi jika tidak mampu melunasi cicilan, maka leasing akan memberikan status kredit macet, sehingga sulit mengajukan kredit lagi.

2. Memiliki Rekening Sehat

Setelah memilih mobil sesuai kemampuan finansial, Anda juga wajib memiliki rekening yang sehat. Rekening sehat bukan berarti anda punya uang yang banyak, melainkan memiliki pemasukan dan pengeluaran yang seimbang, serta bebas dari transaksi mencurigakan.

3. Melengkapi Berkas Administrasi

Sama seperti rekening, berkas administrasi juga menjadi bahan pertimbangan bagi pihak leasing untuk menyetujui atau menolak pengajuan kredit Anda.

Umumnya, berkas yang dibutuhkan adalah kartu identitas (KTP), Kartu Keluarga, rekening koran atau tabungan (tiga bulan terakhir), NPWP, dan slip gaji.

Selain itu, ada baiknya Anda bertanya pada pihak leasing terkait hal ini karena bisa jadi mereka menghendaki berkas lain sebagai tambahan.

4. Melunasi Uang Muka

Terakhir, Anda harus melunasi uang muka atau down payment setelah menyelesaikan berkas administrasi. Untuk sebuah mobil atas nama pribadi, biasanya pihak pemberi kredit akan mengajukan uang muka 20 persen hingga 30 persen dari total harga.

Katakanlah Anda membeli mobil dengan harga Rp200 juta dan leasing mengajukan syarat 20%, maka sediakan uang sebesar Rp40 juta sebagai uang muka.

Besarnya uang muka yang dibayarkan akan sangat mempengaruhi nominal cicilan Anda. Makin besar DP yang dibayarkan, maka cicilan pun makin ringan. Namun, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan pihak leasing untuk mendapatkan perhitungan yang lebih detail.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper