Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Seperempat Abad Honda Odyssey dan Lahirnya Lima Generasi

Pada 2000, Odyssey menjadi mobil Honda pertama yang menggunakan transmisi otomatis lima percepatan dengan mesin 3L.
Model berpose di dekat New Honda Odyssey saat peluncurannya di Jakarta, Kamis (1/3)./JIBI-Abdullah Azzam
Model berpose di dekat New Honda Odyssey saat peluncurannya di Jakarta, Kamis (1/3)./JIBI-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — Honda Odyssey pada tahun ini genap berusia 25 tahun. Mobil minivan tersebut sudah diproduksi sejak 1994 di Jepang dan hingga saat ini telah memiliki lima generasi.

Honda Odyssey pertama kali diperkenalkan dengan desain kursi tiga baris dan menggunakan penggerak four wheel drive (4WD). Mobil ini mulai mengadopsi mesin 3.0L V6 J30A dan menyematkan fitur sunroof khusus untuk tipe L dan Aero pada 1997.

Honda Odyssey generasi kedua hadir dengan dimensi lebih besar. Mobil ini diproduksi untuk pasar Jepang dan Australia, serta didesain menggunakan setir di sisi kiri kendaraan khusus untuk pasar China.

Model ini menggunakan mesin 2.3L pada model RA6 (2WD) dan RA7 (4WD). Adapun, mesin berkapasitas 3L digunakan model RA8 (2WD) dan RA9 (4WD) berjenis Prestige dan Absolute. Pada 2000, Odyssey menjadi mobil Honda pertama yang menggunakan transmisi otomatis lima percepatan dengan mesin 3L.

Generasi ketiga Honda Odyssey mulai dipasarkan di Jepang pada Oktober 2003, menyusul Australia dan beberapa negara lainnya setahun kemudian. Model ini mempertahankan desain lima pintu dengan desain lebih ramping, ground clearance rendah, dan lebih terlihat sebagai mobil dibandingkan dengan minivan.

Khusus di Jepang, Odyssey dibekali fitur cruise control, didukung mesin i-VTEC berkapasitas 2,4L dengan tenaga maksimal 160 PS. Sementara versi penggerak 4WD hadir dengan transmisi otomatis, sedangkan 2WD menggunakan transmisi CVT kecuali tipe Absolute dan model ekspor lainnya.

Generasi keempat Honda Odyssey diluncurkan di Jepang pada Oktober 2008, dengan tetap mempertahankan mesin dan transmisi yang sama, tetapi tenaga lebih besar serta konsumsi bahan bakar lebih irit.

Untuk model ini, Odyssey disematkan mesin 2.4L dan transmisi CVT dengan torque converter untuk penggerak FWD, serta transmisi otomatis lima percepatan untuk versi 2WD dengan tenaga 206 HP.

Pada September 2013, generasi terbaru Honda Odyssey diluncurkan secara global dengan konsep premium van. Selain mengusung desain yang lebih dinamis dan modern, perubahan paling mencolok terdapat pada desain pintu yang sebelumnya dibuka ke arah luar, kini menjadi pintu geser yang dibuka ke samping.

Adapun secara dimensi, desainnya menjadi lebih besar serta menggunakan kursi Ottoman di baris kedua untuk kenyamanan penumpang. Sementara dari segi mesin, Odyssey menggunakan mesin 2.4L VTEC dengan tenaga 175 PS dan torsi 225 Nm.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper