Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Begini Dampaknya Jika Motor Injeksi Kehabisan Bensin

Motor injeksi banyak dijadikan pilihan para pengendara motor karena dikenal hemat bahan bakar. Selain itu, perawatannya juga jauh lebih mudah, sehingga memungkinkan usia pakai cukup panjang.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 13 Oktober 2020  |  08:45 WIB
Polisi mendorong sepeda motor warga. Saat motor injeksi kehabisan bensin, pengguna bisa menepi dan cari pom bensin terdekat. Selain itu, hindari langsung menghidupkan motor setelah diisi.  - ANTARA
Polisi mendorong sepeda motor warga. Saat motor injeksi kehabisan bensin, pengguna bisa menepi dan cari pom bensin terdekat. Selain itu, hindari langsung menghidupkan motor setelah diisi. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Motor injeksi banyak dijadikan pilihan para pengendara motor karena dikenal hemat bahan bakar. Selain itu, perawatannya juga jauh lebih mudah, sehingga memungkinkan usia pakai cukup panjang.

Cara kerja sistem injeksi adalah menyemprotkan bahan bakar ke ruang pembakaran. Hal ini yang akhirnya membuat motor injeksi lebih efisien. Namun, kebiasaan buruk seperti membiarkan motor kehabisan bensin juga dapat merusak komponen sistem ini.

Suzuki Indonesia, di laman resminya, Selasa (13/10/2020), menjelaskan bahwa tangki bensin yang minim atau bahkan kering, bisa merusak fuel pump dan indikator bensin.

Apabila indikator bensin mengalami kerusakan, motor menjadi kacau sehingga perlu dilakukan kalibrasi ulang, bahkan dilakukan penggantian jika sudah parah.

Kerusakan indikator ini dapat membuat takaran bensin di tangki dan indikatornya menjadi tidak sesuai. Oleh karena itu, guna menjaga indikator bensin dalam kondisi baik, sebaiknya lakukan pengisian bensin saat indikator bensin digital menunjukkan isi sebanyak dua bar.

Namun, apabila motor injeksi sudah terlanjur kehabisan bensin, pengguna bisa melakukan beberapa hal untuk meminimalkan dampak pada sistem tersebut.

Dikutip dari laman resmi Astra Motor, Selasa (13/10/2020), saat motor injeksi kehabisan bensin, pengguna bisa menepi dan cari pom bensin terdekat. Selain itu, hindari langsung menghidupkan motor setelah diisi.

Sebagai permulaan, putar kunci hingga posisi on dan tunggu hingga suara fuel pumpnya mati. Selanjutnya putar ke posisi off lagi lalu on-kan. Lakukan cara ini sebanyak 5 kali.

Cara ini dilakukan bukan tanpa alasan, karena hal tersebut dapar membuat fuel pump menghisap bensin terlebih dahulu dan angin palsu yang ada di dalamnya bisa dibuang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepeda motor motor injeksi Tip Merawat Sepeda Motor
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top