Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dipasangi Radar, Ducati Multistrada V4 Bisa Rem dan Ngegas Otomatis

Ducati Multistrada V4, yang mulai memasuki jalur produksi di pabrik Borgo Panigale, Italia, akan menjadi sepeda motor pertama yang menggunakan teknologi radar depan dan belakang.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 07 Oktober 2020  |  18:33 WIB
Ducati Multistrada V4. Radar belakang mampu mendeteksi dan melaporkan kendaraan, yang berada di titik buta (blind spot).  - Ducati
Ducati Multistrada V4. Radar belakang mampu mendeteksi dan melaporkan kendaraan, yang berada di titik buta (blind spot). - Ducati

Bisnis.com, JAKARTA - Ducati Multistrada V4, yang mulai memasuki jalur produksi di pabrik Borgo Panigale, Italia, akan menjadi sepeda motor pertama yang menggunakan teknologi radar depan dan belakang.

Dikutip dari laman resmi Ducati, Rabu (7/10/2020), teknologi radar tersebut mampu mendukung berkendara secara nyaman karena mampu merekonstruksi realitas di sekitar sepeda motor.

Setiap radar memiliki dimensi kompak berukuran 70 mm x 60 mm x 28 mm. Radar ini mirip dengan kamera aksi (action camera). Dengan berat 190 gram, radar ini dipasang di depan kontrol operasi adaptive cruise control atau ACC.

Pemasangan sistem radar ini memungkinkan motor untuk berakselerasi dan melakukan pengereman secara otomatis, sesuai dengan jarak yang ditentukan oleh pengendara pada kecepatan antara 30 dan 160 km/jam.

Sistem turunan dari mobil ini telah berevolusi dan dikembangkan sesuai dengan dinamika dan ergonomi kendaraan roda dua. Secara khusus, otoritas sistem dalam perlambatan dan akselerasi telah dibatasi untuk memastikan pengendara dapat terus mengontrol kendaraan dalam situasi apa pun.

Sementara itu, radar belakang mampu mendeteksi dan melaporkan kendaraan, yang berada di titik buta (blind spot). Blind spot merupakan area yang tidak terlihat langsung oleh pengendara ataupun lewat spion. Sistem ini memberikan sinyal saat kendaraan berkecepatan tinggi datang dari belakang.

Dari sisi mesin, Ducati menyatakan telah mengembangkan mesin V4 yang baru secara ringan dan kompak. Mesin tersebut dirancang untuk memenuhi kebutuhan petualangan berkendara, tanpa mengabaikan emosi dan sportivitas.

Sejauh ini perusahaan belum membocorkan ketangguhan Multistrada V4 terbaru. Semua detil terkait mesin ini akan dirilis pada 15 Oktober, sedangkan peluncuran Ducati Multistrada V4 berlangsung pada 4 November 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ducati Sepeda Motor Sport
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top