Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Meluncur! Mini Paddy Hopkirk Edition Mengenang sang Juara

Mini Paddy Hopkirk Edition resmi diluncurkan untuk mengenang kemenangan besar dari mobil bernomor awal 37 di Reli Monte Carlo 56 tahun silam.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 21 September 2020  |  13:40 WIB
MINI Cooper S 3-pintu, dan MINI Cooper S 5-pintu.  - BMW
MINI Cooper S 3-pintu, dan MINI Cooper S 5-pintu. - BMW

Bisnis.com, JAKARTA - Mini Paddy Hopkirk Edition resmi diluncurkan untuk mengenang kemenangan besar dari mobil bernomor awal 37 di Reli Monte Carlo 56 tahun silam.

Pada 1964, Mini Cooper S klasik meraih kemenangan pertama dari tiga kemenangan keseluruhan di Reli Monte Carlo yang legendaris. Di belakang kemudi adalah pebalap reli Irlandia Utara berusia 30 tahun, Patrick 'Paddy' Hopkirk.

Untuk menghormatinya, MINI menghadirkan model edisi Paddy Hopkirk dengan fitur desain dan perlengkapan eksklusif untuk menandai pencapaian spektakuler dalam sejarah balap motor internasional. Salah satu pengingat yang pasti tentang kudeta Hopkirk di Mini klasik adalah nomor start 37, yang ditampilkan dalam bentuk bergaya di pintu pengemudi dan penumpang.

MINI Paddy Hopkirk Edition tersedia di pasar mulai Oktober 2020, dengan tiga pilihan.

1. MINI Cooper S 3 pintu (konsumsi bahan bakar gabungan: 6,4-6,1 l/100 km; emisi CO2 gabungan: 147-139 g/km)

2. MINI Cooper S 5 pintu (konsumsi bahan bakar gabungan: 6,5-6,2 l/100 km; emisi CO2 gabungan: 141 g/km)

3. MINI John Cooper Works (konsumsi bahan bakar gabungan: 7,1-6,9 l/100 km; emisi CO2 gabungan: 162-157 g/km).

Seperti nomor awal yang terkenal dan mesin yang bertenaga, lapisan akhir bodi Chili Red dan atap putih model edisi tersebut terinspirasi oleh model historis.

Pada saat itu, kemenangan Hopkirk di Mini Cooper S dirayakan dengan hingar-bingar oleh penonton di lokasi dan penggemar balap motor di Inggris. Mengendarai mobil Inggris dengan co-pilot Henry Liddon, Hopkirk mengatasi rintangan melawan pesaing dengan tenaga mesin yang jauh lebih besar.

Rumus Cacat yang berlaku pada saat itu berarti bahwa perbedaan berat dan hasil di lapangan awal dikompensasikan sampai batas tertentu. Namun faktor penting dalam pengejaran menantang jalan pedesaan dan jalur gunung, melewati salju es, tikungan sempit dan menuruni lereng curam adalah ketangkasan dan keandalan keterampilan mengemudi Mini Cooper S dan Hopkirk.

Kemenangan mengejutkan di Monte Carlo menjadikan Paddy Hopkirk sebagai pebalap reli paling terkenal di Inggris dalam semalam. Pada saat yang sama, Mini klasik berkembang dari orang luar dan menyenangkan orang banyak menjadi legenda balap motor. Status ini didukung pada tahun-tahun berikutnya ketika Mini Cooper S mendominasi Reli Monte Carlo.

Rekan satu tim Hopkirk di Finlandia Timo Makinen dan Rauno Aaltonen menambahkan dua kemenangan langsung ke koleksi gelar pada 1965 dan 1967.
Kemenangan beruntun di Reli Monte Carlo terus menginspirasi penggemar MINI di seluruh dunia hingga hari ini. Dengan MINI Paddy Hopkirk Edition, mereka sekarang memiliki kesempatan untuk mengekspresikan hasrat balapan dengan cara yang otentik.

Model edisi menggabungkan cat eksteriornya dengan gaya pemenang reli bersejarah dengan cara khusus pasar dengan velg alloy ringan John Cooper Works 17 inci dalam desain Track Spoke Black atau velg alloy ringan 18 inci John Cooper Works di Desain matt Cross Spoke Jet Black dan berbagai aksentuasi lainnya dalam warna gelap.

Rangka dan brace horizontal gril radiator dilapisi dengan warna hitam gloss tinggi, begitu pula sisipan untuk intake udara bawah, bukaan kap mesin, gagang pintu, tutup pengisi bahan bakar, gagang pintu belakang, logo MINI di bagian depan dan belakang serta sekeliling untuk lampu depan dan belakang.

Nomor awal 37 juga muncul di elemen indikator samping yang dikenal sebagai scuttles samping. Fitur lain pada eksterior adalah lampu depan LED dan lampu belakang dalam desain Union Jack, stiker dengan tulisan "Paddy Hopkirk Monte Carlo" dan satu garis kap putih di sisi pengemudi, yang seperti pintu belakang model edisi menyandang tanda tangan pemenang 1964 "Monte".

Selain itu, kombinasi angka dan huruf 33 EJB yang terkenal dari pelat nomor mobil pemenang Monte Carlo tahun 1964 ditampilkan pada strip kap mesin dengan menggunakan grafik efek 3D.

Tanda tangan Hopkirk juga muncul pada strip trim dekoratif di sisi penumpang, yang merupakan bagian dari permukaan interior glossy hitam piano. Fitur desain eksklusif lainnya adalah entri kusen MINI LED bertuliskan "Paddy Hopkirk".

Paket MINI Excitement dan Comfort Access juga termasuk dalam MINI Paddy Hopkirk Edition.

Konfigurasi khusus pasar juga mencakup lampu depan tambahan dalam warna piano black, tutup tuts dengan nomor awal 37, dan finisher garis pinggang dalam warna hitam piano untuk strip trim antara bodi dan rumah kaca.

Selain itu, model edisi dapat disesuaikan dengan gaya pribadi pengemudi sehingga menghasilkan spesimen yang sepenuhnya unik. Untuk mengoptimalkan kesenangan berkendara, kenyamanan dan gaya individu, hampir semua item tersedia dari berbagai tambahan opsional untuk MINI 3-pintu dan MINI 5-pintu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mini Mini Cooper
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top