Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Resmi Diluncurkan, Ferrari Portofino M Usung Segudang Inovasi

Ferrari Portofino M, evolusi si laba-laba 2+ GT dari Kuda Jingkrak Ferrari Portofino, diluncurkan secara daring pada Rabu (16/9/2020). Model terbaru ini mengusung sejumlah inovasi, termasuk turbo 620 cv V8, dan mode Balap Manettino 5 dan girboks 8 kecepatan baru.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 17 September 2020  |  12:22 WIB
Portofino M adalah Ferrari pertama yang dihadirkan setelah perusahaan ditutup sementara karena krisis Covid-19, menjadikannya simbol perjalanan kembali sekaligus titik awal si Kuda Jingkrak untuk mengejar inovasi.  - FERRARI
Portofino M adalah Ferrari pertama yang dihadirkan setelah perusahaan ditutup sementara karena krisis Covid-19, menjadikannya simbol perjalanan kembali sekaligus titik awal si Kuda Jingkrak untuk mengejar inovasi. - FERRARI

Bisnis.com, JAKARTA - Ferrari Portofino M, evolusi si laba-laba 2+ GT dari Kuda Jingkrak Ferrari Portofino, diluncurkan secara daring pada Rabu (16/9/2020). Model terbaru ini mengusung sejumlah inovasi, termasuk turbo 620 cv V8, dan mode Balap Manettino 5 dan girboks 8 kecepatan baru.

Peluncuran secara daring adalah yang pertama sejak 70 tahun terakhir dalam sejarah merek Maranello. Sebelumnya, serangkaian informasi telah disebarkan kepada klien, termasuk buletin, dan video yang menggambarkan konsep di balik mobil, perubahan gaya, dan konten teknis utamanya.

Portofino M adalah Ferrari pertama yang dihadirkan setelah perusahaan ditutup sementara karena krisis Covid-19, menjadikannya simbol perjalanan kembali sekaligus titik awal si Kuda Jingkrak untuk mengejar inovasi.

Faktanya, M dalam monikernya adalah singkatan dari Modificata, yang dalam nomenklatur Ferrari mengacu pada mobil yang berevolusi dengan meningkatkan kinerjanya secara signifikan.

Inovasi teknis yang paling terkenal adalah powertrain yang didesain ulang, gearbox 8 kecepatan baru dan Manettino lima posisi yang mencakup mode Balap, yang pertama mutlak untuk si Laba-laba Maranello GT.

Sebagai konsekuensinya, Portofino M menjamin kombinasi performa GT otentik yang belum pernah ada sebelumnya, kesenangan berkendara, kelincahan, dan keserbagunaan luar biasa dalam konteks berkendara sehari-hari.

Karya desain dan teknik ini merupakan evolusi. Ferrari Portofino M lebih sportif daripada pendahulunya, memberikan penanganan unggul, dan kenyamanan on-board yang lebih, berkat fitur opsional baru, seperti ADAS, dan kursi berventilasi dan berpemanas.

Oleh karena itu, Ferrari Portofino M mempertahankan jiwa kembar Ferrari Portofino dan merupakan satu-satunya mobil di pasar yang berhak digambarkan sebagai coupé otentik dengan bagian atasnya tertutup dan laba-laba asli saat dibuka. Ini tentu saja berkat Retractable Hard Top (RHT), fitur khas dari semua convertible Kuda Jingkrak.

Dimensi kompak Portofino M juga membuatnya ideal untuk semua kesempatan. Faktanya, keserbagunaannya yang tak tertandingi dan kenyamanan on-board-nya mengubah setiap perjalanan menjadi sebuah perjalanan penemuan (kembali).

POWERTRAIN

Ferrari Portofino M dilengkapi Mesin 3855cc milik keluarga turbo V8 yang terpilih sebagai International Engine of the Year selama empat kesempatan berturut-turut (2016-2019).

Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga 620 cv pada 7.500 rpm, 20 cv lebih banyak dari pada Ferrari Portofino. Untuk mencapai kinerja ini, para insinyur Ferrari menggunakan profil cam baru untuk meningkatkan pengangkatan katup dan mengoptimalkan pengisian ruang bakar.

Sensor kecepatan juga ditambahkan ke rakitan turbocharger untuk mengukur putaran turbin. Hal ini pada gilirannya memungkinkan putaran maksimum turbin per menit ditingkatkan 5.000 rpm.

Terakhir, untuk memenuhi standar emisi polusi yang paling ketat, Filter Partikulat Bensin telah disertakan dalam sistem pembuangan. GPF memungkinkan mobil untuk mematuhi standar anti-polusi Eropa yang paling ketat (Euro-6D) tanpa mengorbankan kesenangan berkendara.

Hasil ini diperoleh berkat logika kontrol yang terus meregenerasi filter, membatasi jumlah materi partikulat yang terakumulasi. Hal ini dicapai dengan menggunakan dua sensor khusus per bank silinder untuk secara akurat mengukur delta tekanan diferensial aliran atas dan bawah GPF.

Gearbox 8-percepatan adalah unit yang benar-benar baru dibandingkan dengan versi 7-percepatan sebelumnya dan didasarkan pada arsitektur penangas minyak kopling ganda. Ini berbeda dari transmisi 8-kecepatan SF90 Stradale dalam rasio gigi yang lebih panjang dan pengenalan gigi mundur mekanis. Tata letak baru dan integrasi komponennya juga telah mengoptimalkan ukuran kotak roda gigi dan pemasangannya di dalam mobil.

Seperti semua mobil turbo, Ferrari Portofino M memberikan respons throttle seketika di seluruh rentang putaran. Mobil ini menawarkan Variable Boost Management, perangkat lunak kontrol yang dikembangkan oleh Ferrari yang menyesuaikan pengiriman torsi agar sesuai dengan gigi yang dipilih. Hasilnya pick-up semakin bertenaga seiring putaran naik, sekaligus mengoptimalkan konsumsi bahan bakar.

Saat mobil naik melalui persneling (dari gigi ke-3 hingga ke-8), jumlah torsi yang dihasilkan oleh mesin meningkat hingga 760 Nm pada gigi ke-7 dan ke-8.

Di satu sisi, hal ini memungkinkan Ferrari untuk menggunakan rasio roda gigi yang lebih panjang pada gigi yang lebih tinggi, yang membantu menjaga konsumsi bahan bakar dan emisi tetap rendah, sementara di sisi lain, mengadopsi kurva torsi yang lebih curam melalui rentang putaran pada gigi bawah untuk merasakan penjemputan yang halus dan kuat.

Pengenalan gigi kedelapan dan peningkatan efisiensi transmisi telah menghasilkan penurunan signifikan dalam konsumsi bahan bakar dalam konteks perkotaan dan jalan raya selain juga meningkatkan kinerja secara nyata bahkan dalam kondisi berkendara yang lebih sportif dan lebih cepat.

Modul kopling baru 20% lebih kecil tetapi menghasilkan torsi 35% lebih banyak, dengan torsi dinamis maksimum hingga 1.200 Nm yang ditransmisikan saat perpindahan gigi. Strategi perangkat lunak transmisi juga telah berkembang dengan ECU yang lebih bertenaga.

Terakhir, perhatian khusus difokuskan pada strategi penggantian gigi yang bertujuan untuk meningkatkan konsumsi bahan bakar dan tingkat emisi unit daya. Karena kontrol torsi kopling yang lebih efisien, mobil sekarang juga lebih mudah dikendarai dalam konteks perkotaan selama siklus Start & Stop.

Hal tersebut menjamin bahwa mobil lebih mulus dikendarai pada kecepatan rendah di lalu lintas, serta memberikan pengalaman yang lebih intuitif dan daya tanggap yang lebih baik.

Secara tradisi, setiap mesin Ferrari memiliki soundtrack khusus yang membuatnya unik, termasu Ferrari Portofino M. Selain poros engkol bidang datar, geometri seluruh saluran buang juga baru. Dua peredam suara belakang telah dihilangkan (yang selain meningkatkan suara juga secara signifikan mengurangi tekanan balik di tailpipes) dan katup by-pass sekarang berbentuk oval untuk meningkatkan suara knalpot.

Kedua solusi tersebut secara signifikan mengurangi tekanan balik knalpot dan meningkatkan kualitas suara. Modifikasi penting terakhir adalah kontrol katup by-pass "proporsional", yang berkelanjutan dan progresif tergantung pada situasi mengemudi.

DINAMIKA KENDARAAN

Portofino M menggunakan sistem kontrol dinamika kendaraan yang dikenal sebagai Side Slip Control (SSC), yang menggabungkan algoritme yang memberikan perkiraan real time dari sudut slip samping ke semua berbagai sistem kontrol on-board. SSC mengoordinasikan semua intervensi dinamika kendaraan karena semua sistem terintegrasi menggunakan data bersama.

Sekarang dalam generasi keenam, SSC mengintegrasikan sistem kontrol E-Diff, F1-TCS, SCM-E Frs dan Ferrari Dynamic Enhancer (FDE). FDE adalah sistem kontrol dinamika lateral yang menggunakan perangkat lunak Ferrari untuk mengatur tekanan rem hidrolik pada kaliper di keempat roda.

Di Ferrari Portofino M, ini hanya tersedia ketika Manettino dalam mode Balapan. FDE dirancang untuk membuat dinamika lateral mobil lebih dapat diprediksi baik saat melewati maupun keluar tikungan dengan memastikan roda kemudi dan throttle lebih intuitif untuk digunakan pengemudi. Konon, FDE bukanlah sistem kontrol stabilitas dan sayap daripada menggantikan VDC tradisional dan sistem kontrol stabilitas (ESC).

Faktor penting lainnya adalah tekanan pedal rem yang lebih termodulasi, yang bila dikombinasikan dengan pengurangan perjalanan pedal sekitar 10%, menghasilkan respons yang lebih presisi dan instan terhadap input selama pengereman.

Tujuan dari lima posisi Manettino, yang pertama di atas laba-laba Kuda Jingkrak GT, adalah untuk membuat penanganan dan cengkeraman Ferrari Portofino M lebih mudah diakses dengan memperluas rentang pengaturan lebih jauh dengan pengenalan posisi Race. Didukung dengan diperkenalkannya Ferrari Dynamic Enhancer, posisi tersebut fokus pada memaksimalkan kenikmatan berkendara.

Di bawah ini adalah lima posisi di Ferrari Portofino M's Manettino dan target performa masing-masing:

DESAIN

Gaya harmonis Ferrari Portofino M yang baru adalah produk pendekatan global terhadap desain di mana semua elemen yang berbeda diperlakukan sebagai bagian dari satu kesatuan dan dibangun di atas kesuksesan desain Portofino.

Hal ini berlaku untuk bodywork, di mana bagian depan, sayap, dan ekor merupakan bagian dari satu desain pahatan mulus, seperti halnya pada kabin yang pengaturan umum volume dan garisnya konsisten secara gaya. Pendekatan ini terlihat pada interaksi antara eksterior dan interior mobil.

EKSTERIOR

Fakta bahwa performa Portofino M lebih bertenaga daripada Portofino membuat para perancang Ferrari Styling Center membuat penyesuaian untuk menonjolkan karakteristik model dan menggarisbawahi kesan sportifnya.

Bemper depan sampul menggabungkan intake udara pahatan yang mengesankan yang memberikan tampilan yang tegas dan agresif ke bagian depan mobil. Mereka juga dilengkapi ventilasi udara baru pada ketinggian wheelarch, ditambahkan karena kebutuhan untuk mengurangi hambatan keseluruhan mobil.

Bagian dari aliran udara yang berasal dari massa radiasi depan diarahkan ke ventilasi baru dan kemudian dipercepat saat keluar, meningkatkan daya ekstraksi.

Peningkatan yang dihasilkan pada performa aerodinamis ditegaskan dengan garis miring pada bumper depan yang mengalir ke dalam desain sisi-sisinya, menambah harmoni visual pada tampilan samping mobil. Karenanya, scallop samping khas Portofino menemukan padanan visualnya pada bumper depan Ferrari Portofino M, yang telah dipahat untuk menonjolkan profil dinamis mobil.

Grilnya menampilkan bilah aluminium baru dengan ujung segi kontras yang menonjolkan bahan mulia ini.

Di bagian belakang, sistem pembuangan baru memungkinkan pelepasan rakitan peredam, membuat ekor Ferrari Portofino M lebih kompak. Hasilnya adalah bumper belakang sekarang lebih ramping dan pahatan. Secara visual, bentuknya juga lebih ringan dan gaya mereka lebih selaras dengan bumper depan, menciptakan estetika keseluruhan yang jauh lebih koheren.

Diffuser belakang telah sepenuhnya didesain ulang dan sekarang terpisah dari bumper. Hal ini memungkinkan klien untuk dapat menentukannya dalam serat karbon, yang semakin menggarisbawahi karakter sporty mobil.

Pelek khusus berlapis berlian dirancang untuk Ferrari Portofino M. Gaya peleknya mengacu pada sisi-sisi mobil, perpaduan sempurna antara keanggunan dan kesan sporty. Desain pahatan yang tidak biasa dari jari-jari dan tampilan chiaroscuro mereka secara visual mencerahkan pelek.

INTERIOR

Dengan bagian atas ke bawah, Portofino M memperlihatkan jiwa GT yang bergaya dan penumpangnya akan menghargai betapa kompak dan organiknya seluruh mobil ini. Faktanya, ada koherensi desain yang luar biasa dalam pengembangan kabin.

Tim Styling Center memulai dengan menunjukkan prasyarat spesifik tertentu yang penting untuk keberhasilan desain, yang terpenting adalah koherensi formal dan fungsional antara eksterior dan interior mobil, pengurangan bobot, dan lebih banyak ruang penumpang.

Pembuatan interior dimulai dengan struktur dasbor multi-level yang terdiri dari setengah bagian atas dan kemudian celah perantara yang dirancang untuk meringankan massa bagian bawah yang terlihat.

Diperoleh dengan mengurangi alih-alih menambahkan volume, pemecahan dasbor ini ke tingkat yang berbeda memungkinkan perancang untuk mengatur elemen teknis dan perangkat dalam mobil untuk efek yang sangat rasional sekaligus mendefinisikan arsitektur lebar penuh khasnya. Bilah aluminium horizontal tengah membagi panel instrumen, ventilasi AC, dan layar penumpang menjadi area terpisah di bagian atas.

Fungsi kontrol lainnya terletak di bagian scooped di bawah, dengan layar sentuh 10,25 ”di tengah. Jenis tata letak ini mengisyaratkan ergonomi tanpa cela dan menyoroti kualitas konstruksi setiap detail melalui perpaduan mulus elemen dan bahan berteknologi sangat tinggi dengan rakitan dan trim buatan tangan.

Terlihat dalam tampilan rencana, pengaturan simetris kokpit dan ruang kursi belakang yang luas terlihat jelas. Dari perspektif konstruksi, interior - dan arsitektur dasbor khususnya - menampilkan dua cangkang yang menggabungkan semua komponen teknis dan jembatan yang secara visual menghubungkan area panel instrumen dengan terowongan pusat.

Tata letak ini dirancang untuk melibatkan penumpang dan ditegaskan dalam gaya panel pintu, pegangan, serta berbagai kontrol dan perangkat yang tersedia, termasuk layar sentuh pusat dan penumpang.

Kursi tersebut adalah produk dari proyek penelitian khusus dan memiliki struktur magnesium yang inovatif. Padding kepadatan yang berbeda dan profil sandaran kursi yang sangat ringkas telah membebaskan ruang untuk penumpang belakang juga.

Juga tersedia ventilasi tiga tingkat untuk kursi dan sandaran, dan penghangat leher yang sangat populer untuk digunakan di musim dingin. Yang terakhir menawarkan pilihan tiga tingkat panas dan sistem secara konstan menyesuaikan kecepatan aliran udara hangat dari sandaran kepala untuk memastikan proporsional dengan kecepatan mobil, suhu luar dan posisi bagian atas yang dapat dibuka.

INFOTAINMENT DAN HMI

Pusat HMI (Human-Machine Interface) Ferrari Portofino M pada cluster digital dengan layar TFT ganda yang diatur di sekitar penghitung putaran analog dalam binnacle anti-silau melingkar.

Terletak pada sumbu yang sama persis dengan roda kemudi multifungsi, cluster ini memungkinkan pengemudi untuk berinteraksi lebih mudah dan intuitif, baik secara visual maupun fisik, dengan mobil dengan memberikan umpan balik berkendara yang optimal.

Fungsi sistem infotainment dikontrol melalui layar sentuh di tengah dasbor, sehingga mudah dijangkau oleh pengemudi dan penumpang. Dirancang agar dapat diakses secepat mungkin dalam hal penggunaan dan konten, ini mencakup layar kapasitif multi-sentuh HD penuh dengan Split View untuk memungkinkan berbagai jenis konten untuk dilihat secara bersamaan. Baik Apple Car Play dan Android Auto juga tersedia.

Penumpang memiliki layar kapasitif khusus opsional di dasbor. Ini terhubung langsung ke layar utama yang menyediakan semua informasi yang berkaitan dengan kecepatan mobil, rpm, dan gigi yang diaktifkan.

Layar 7 inci full HD dan Full Touch ini juga memungkinkan penumpang untuk berinteraksi dengan sistem on-board mobil. Mereka dapat, misalnya, memilih musik, melihat informasi navigasi satelit atau memilih tempat menarik baru, seperti restoran, yang kemudian secara otomatis diintegrasikan ke dalam rute. Jadi intinya, penumpang menjadi co-driver.

Sistem bantuan pengemudi canggih (ADAS) yang tersedia sebagai opsional untuk Ferrari Portofino M adalah:

- Adaptive Cruise Control dengan fungsi Stop & Go untuk berkendara di lalu lintas
- Sistem Rem Darurat Prediktif yang dapat memperingatkan pengemudi tentang potensi risiko tabrakan yang mempersiapkan mobil untuk mengurangi konsekuensi dari benturan frontal
- Blind Spot Monitoring untuk mengingatkan pengemudi kendaraan di titik buta
- Lane Departure Warning dengan akustik dan / atau peringatan visual bahwa mobil telah keluar dari jalurnya
- Balok Tinggi Otomatis, yang secara otomatis menyalakan dan mematikan sinar tinggi saat berkendara di malam hari
- Pengenalan Rambu Lalu Lintas, yang secara konstan menampilkan batas kecepatan pada jalan / kendaraan jalan tertentu
- Tampilan Surround dengan tampilan 3D
- Rear Cross Traffic Alert, yang memperingatkan pengemudi tentang rintangan bergerak yang tersembunyi di titik buta belakang mobil, saat berbalik

GARANSI

Standar kualitas Ferrari yang tak tertandingi dan peningkatan fokus pada layanan pelanggan mendukung program perawatan tujuh tahun diperpanjang yang ditawarkan dengan Ferrari Portofino M. Tersedia di seluruh jajaran, yang terakhir mencakup semua perawatan rutin selama 7 tahun pertama masa pakai mobil.

Program pemeliharaan terjadwal untuk Ferraris ini merupakan layanan eksklusif yang memungkinkan klien mendapatkan kepastian bahwa mobil mereka dijaga pada performa dan keselamatan puncak selama bertahun-tahun. Layanan yang sangat istimewa ini juga tersedia untuk pemilik Ferrari bekas.

Pemeliharaan rutin (dengan interval 20.000 km atau setahun sekali tanpa batasan jarak tempuh), suku cadang asli, dan pemeriksaan cermat oleh staf yang dilatih langsung di Pusat Pelatihan Ferrari di Maranello dan menggunakan alat diagnostik paling modern hanyalah beberapa keuntungan dari Program Perawatan Asli.

Layanan ini tersedia di semua pasar di seluruh dunia dan dari semua dealer di jaringan dealer resmi.

Program Pemeliharaan Asli semakin memperluas jangkauan luas layanan purnajual Ferrari untuk memenuhi kebutuhan klien yang ingin mempertahankan kinerja dan keunggulan mobil buatan Maranello, yang sejak lama identik dengan teknologi terdepan dan sifat sportif.

Sumber: Ferrari, 2020

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Sport Ferrari Portofino
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top