Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dobrak Era Baru, Ini Spesifikasi Maserati MC20

Maserati mendobrak era baru dengan MC20, sebuah super sports car anyar yang memadukan performa, sportifitas, dan kemewahan dalam rancangan unik khas pabrikan Italia.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 10 September 2020  |  21:11 WIB
Desain MC20 diproduksi dalam waktu 24 bulan, dengan keterlibatan sejak awal, dalam pendekatan inovatif, dari tim insinyur Lab Inovasi Maserati, spesialis teknis dari Maserati Engine Lab dan desainer dari Maserati Style Center.  - Maserati
Desain MC20 diproduksi dalam waktu 24 bulan, dengan keterlibatan sejak awal, dalam pendekatan inovatif, dari tim insinyur Lab Inovasi Maserati, spesialis teknis dari Maserati Engine Lab dan desainer dari Maserati Style Center. - Maserati

Bisnis.com, JAKARTA - Maserati mendobrak era baru dengan MC20, sebuah mobil super sports yang memadukan performa, sportifitas, dan kemewahan dalam rancangan unik khas pabrikan Italia.

MC20 melakukan debut dunia di Modena pada 9 September di acara MMXX: Time to be Audacious. Nomenklatur MC20 merupakan sebuah kode. MC mengacu pada Maserati Corse dan 20 untuk 2020, sebagai world premiere serta dimulainya era baru.

MC20 dirancang di Modena dan bakal dibangun di pabrik Viale Ciro Menotti. Pabrik ini memiliki fasilitas pengecatan yang menggabungkan teknologi inovatif dan ramah lingkungan.

Mobil ini memiliki pintu ala kupu-kupu yang tidak hanya cantik, tetapi juga fungsional karena meningkatkan nilai ergonomi kendaraan. Ini mengoptimalkan akses masuk atapun keluar kabin.

Rekayasa aerodinamika badannya dirancang selama lebih dari 2.000 jam kerja dalam Terowongan Angin Dallara, termasuk lebih dari seribu simulasi CFD (Computational Fluid Dynamics), yang memunculkan terciptanya karya seni eksklusif.

Hasilnya, mobil ini memiliki garis tubuh yang ramping, tanpa tambahan lain hanya spoiler belakang yang berfungsi meningkatkan downforce. Koefisiennya di bawah angka 0,38.

INTERIOR

Begitu masuki interior, pengemudi akan berada di tengah dan siap merasakan pengalaman berkendara sportif. Setiap komponen memiliki fungsinya, yang sepenuhnya berorientasi pada pengemudi.

Bentuk kabin sederhana dengan sedikit sudut tajam dan minim distraksi. Di dalamnya, terpasang dua layar 10 inci, satu untuk kokpit dan untuk Maserati Touch Control Plus (MTC Plus MIA).

Kesederhanaan diusung Maserati dalam menciptakan konsol tengah berbalut serat karbon. Terpasang fitur charger smartphone nirkabel, kenop pemilih mode mengemudi (GT, Wet, Sport, Corsa dan ESC Off, yang menonaktifkan fungsi kontrol), dua tombol pilihan kecepatan, kontrol power window, kontrol peranti multimedia serta kompartemen penyimpanan praktis di bawah sandaran tangan.

MC20 baru akan selalu terhubung dengan program Maserati Connect. Berbagai layanan lengkap termasuk sambungan navigasi, Alexa dan Wifi Hotspot dapat dikelola melalui aplikasi smartphone Maserati Connect atau aplikasi di smartwatch.

Maserati juga mengembangkan enam warna baru yang menjadi ciri MC20, yaitu Bianco Audace, Giallo Genio, Rosso Vincente, Blu Infinito, Nero Enigma dan Grigio Mistero. Masing-masing dirancang dan dikembangkan secara eksklusif untuk mobil ini.

DAPUR PACU

MC20 menggunakan mesin Nettuno terbaru berkonfigurasi V6 dengan daya pacu mencapai 621 hp dan torsi puncak 730 Nm. Seluruh tenaga ini disalurkan ke transmisi Gearbox DCT 8 gears.

Mobil ini diklaim dapat berakselerasi dari 0 – 100 km/jam hanya dalam waktu kurang dari 2,9 detik, sebelum mencapai kecepatan tertinggi lebih dari 325 km/jam.

MC20 memiliki bobot total di bawah 1.500 kg, sementara rasio berat dengan tenaganya mencapai 2,33 kg/hp. Hal ini dicapai lewat penggunaan material berkualitas dan memanfaatkan keunggulan serat karbon tanpa mengorbankan kenyamanan.

Di sisi lain, Nettuno menjadi mesin pertama dalam babak baru sejarah pabrikan berlogo Trident ini yang merupakan mesin V6 twin turbo untuk MC20. Sistem pembakarannya sudah mengantongi paten internasional.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Sport Maserati MC20
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top