Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Skoda Octavia (1996-2010) : Empat Belas Tahun Karier yang Luar Biasa

Skoda Auto telah melewati 125 perjalanan yang bersejarah. Salah satu tonggaknya adalah model hadirnya model Octavia dengan torehan karier yang luar biasa.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 12 Agustus 2020  |  13:15 WIB
Skoda Octavia.  - Skoda Auto
Skoda Octavia. - Skoda Auto

Bisnis.com, JAKARTA - Skoda Auto telah melewati 125 perjalanan yang bersejarah. Salah satu tonggaknya adalah model hadirnya model Octavia dengan torehan karier yang luar biasa.

Skoda mempersembahkan generasi Octavia modern pertama pada 1996 sebagai penerus dari seri sukses sebelumnya dari tahun 1950-an hingga 1970-an. Kombinasi ruang lega di interior dan bagasi, mesin modern, sistem keselamatan canggih, dan rasio harga dengan kinerja yang menarik membuat Octavia menjadi model terlaris.

Pengembangan model Skoda pertama di kelas menengah bawah dalam sejarah modern produsen mobil dimulai pada 1992, lebih dari setahun setelah Skoda bergabung dengan Grup Volkswagen.

Platform Grup baru PQ34, yang dibagikan Octavia dengan mobil merek saudaranya, berfungsi sebagai dasar untuk model baru, tetapi ini adalah model produksi seri pertama yang didasarkan pada arsitektur kendaraan modern ini.

Sebuah tim di bawah arahan Dirk van Braeckel dari Belgia merancang bodywork. Untuk pertama kalinya di Mladá Boleslav, kontur elegan abadi dibuat menggunakan alat CAD (Computer Aided Design) digital.

Di antara fitur-fitur yang membedakan Octavia adalah keamanan aktif dan pasifnya yang tinggi. Sementara Felicia sudah memiliki kantung udara depan, kantung udara samping kini hadir sebagai standar.

Pada saat yang sama, model baru ini memiliki sistem pengereman anti-lock yang berfungsi baik dan perilaku deformasi yang sangat baik; itu lulus semua uji crash wajib tanpa masalah, termasuk skenario dampak samping yang baru-baru ini diperkenalkan.

Pintu belakang bukaan lebar juga terbukti sangat populer. Ini memberikan akses yang sangat baik ke boot berukuran besar, yang, dengan volume 528 hingga 1.328 liter, menawarkan banyak ruang untuk bagasi.

Produksi seri dimulai di Mladá Boleslav pada 3 September 1996. Ini juga bertepatan dengan peluncuran jalur produksi yang benar-benar baru dan modern termasuk outlet cat yang berdekatan.

Hasilnya, kapasitas tahunan pabrik mobil tumbuh 90.000 menjadi 350.000 kendaraan dan Skoda Auto menjadi perusahaan industri terbesar di Republik Ceko.

Awalnya, pelanggan memiliki pilihan antara dua mesin bensin empat silinder dan turbo diesel 75 hp (55 kW) 1,6 MPI berfungsi sebagai basis. Ada juga mesin 1,8 liter dengan kepala silinder lima katup yang inovatif, yang menghasilkan tenaga 125 hp (92 kW).

Sebagai turbo diesel modern dengan injeksi langsung, 1.9 TDI dengan 90 hp (66 kW) dan daya tarik yang tangguh sangat mengesankan bahkan pada kecepatan mesin rendah - konsumsi rata-rata standar hanya 5,1 liter per 100 kilometer.

Selama tahun-tahun berikutnya, Skoda terus memperluas jangkauan mesinnya, misalnya, versi turbocharged dari mesin lima katup 1,8 liter dengan output 150 hp (110 kW) dan 68 hp (50 kW) 1.9 SDI diesel yang disedot secara alami. Terlebih lagi, Octavia I tercatat dalam sejarah pabrikan Ceko sebagai model Skoda pertama dengan transmisi otomatis.

Pada Maret 1998, varian bodi kedua diikuti dengan Octavia Combi, yang juga akan menetapkan standar dan menawarkan kompartemen bagasi yang luas dengan kapasitas 548 hingga 1.512 liter. Pada 2001, Combi mengontribusi 40,5 persen dari total pengiriman seri ini.

Selain itu, Octavia juga merupakan kendaraan produksi pertama pabrikan mobil Ceko dengan penggerak empat roda. Skoda Motorsport memanfaatkan sepenuhnya teknologi ini dalam Kejuaraan Reli Dunia dengan Mobil Reli Dunia, yang didasarkan pada Octavia.

Rentang model terus diperluas dalam langkah-langkah besar. Dengan facelift Octavia pada 2000, program stabilisasi elektronik ESP dan jajaran peralatan Laurin & Klement yang mewah ditambahkan ke seri ini. Satu tahun kemudian, lini RS juga merayakan kebangkitannya di Octavia RS 180 hp (132 kW) yang sangat sportif.

Karena permintaan yang tinggi di pasar dalam dan luar negeri, Skoda menambah jalur perakitan baru di pabrik Vrchlabí. Fakta menarik lainnya juga menunjukkan popularitas generasi Octavia modern pertama. Setelah penggantinya diperkenalkan pada 2004, model ini diproduksi untuk waktu yang lama dengan nama Octavia Tour, yang terakhir diluncurkan dari jalur perakitan pada November 2010.

Ini menandai akhir dari lebih dari empat belas tahun produksi, dengan capaian total 973.071 sedan dan 472.492 versi estate dibangun.

Skoda Octavia III diluncurkan pada November 2012, diikuti tujuh tahun kemudian oleh generasi keempat saat ini, yang merupakan generasi pertama yang menampilkan teknologi hibrida plug-in sebagai Octavia iV.

Di semua generasi Octavia, Skoda telah menghasilkan lebih dari tujuh juta unit model terlaris di seluruh dunia hingga saat ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Skoda Auto Mobil Legendaris Skoda Octavia
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top