Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pabrik Skoda Auto Manfaatkan Teknologi Digital Twin

Pabrik Skoda Auto Vrchlabi memanfaatkan teknologi kembar digital (digital twin) untuk menginstal dan mengintegrasikan stasiun robot baru, sehingga bisa beroperasi lebih cepat 3 pekan daripada sistem yang dipasang dengan metode konvensional.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 24 Juli 2020  |  19:58 WIB
Pabrik Skoda Auto berteknologi Industri 4.0.  - SKODA
Pabrik Skoda Auto berteknologi Industri 4.0. - SKODA

Bisnis.com, JAKARTA - Pabrik Skoda Auto Vrchlabi memanfaatkan teknologi kembar digital (digital twin) untuk menginstal dan mengintegrasikan stasiun robot baru, sehingga bisa beroperasi lebih cepat 3 pekan daripada sistem yang dipasang dengan metode konvensional.

Christian Bleiel, Kepala Produksi Komponen Skoda Auto, mengatakan bahwa tanpa teknologi industri 4.0, proses instalasi stasiun kerja robot baru di situs Vrchlabí tidak bisa dilakukan.

"Namun, penggunaan kembaran digital dan teknologi canggih memungkinkan kami membuat gambar virtual pabrik yang sangat teperinci, menyimulasikan proses dan prosedur, dan dengan demikian menambah jalur produksi dengan mulus,” katanya, Kamis (23/7/2020).

Dalam waktu siklus kurang dari 30 detik, setiap gearbox diberikan dua kali dengan empat komponen bantalan di workstation yang baru disiapkan. Untuk menjamin tingkat presisi yang tinggi agar bagian berputar transmisi berfungsi optimal, langkah produksi ini dilakukan oleh robot.

Pertama, model 3D dari workstation digunakan untuk membuat kembar digital alias kloning lengan robot, logika sensor dan komponen keselamatan. Ini memungkinkan semua proses mekanis dan kinematik di stasiun disimulasikan secara realistis. Aspek perangkat lunak dari kembar memastikan komunikasi yang lancar antara semua komponen perangkat keras dan urutan kontrol berbasis program pada jalur produksi.

Dengan menggunakan pengaturan ini, teknisi mengembangkan, menguji dan mengoptimalkan elektronik kontrol dan menentukan ruang yang dibutuhkan untuk workstation baru. Mereka juga mampu mencegah kemungkinan lengan robot bertabrakan dan menghitung waktu siklus yang ideal, kembaran digital juga dapat digunakan untuk melatih tenaga kerja misalnya.

Model simulasi memungkinkan Skoda Auto untuk mempersingkat waktu yang diperlukan untuk membawa proyek ke tingkat operasional sekitar 3 minggu. Selain itu, sekitar 40 meter persegi ruang produksi dapat dihemat berkat mengoptimalkan persyaratan. Dengan menggunakan kembar digital, program kontrol robot juga dikembangkan sebelum robot fisik dan periferalnya ada di pabrik.

Pabrik Vrchlab yang berteknologi tinggi memainkan peran strategis dalam produksi komponen Skoda dan merupakan salah satu situs paling modern di dalam Grup Volkswagen. Skoda Auto telah membangun DQ200 otomatis 7-speed direct shift gearbox (DSGs) di kaki Giant Mountainssejak 2012. Sekitar 2.200 unit meninggalkan jalur produksi setiap hari; pada 2019, transmisi DQ200 ke tiga juta diproduksi.

Pada 2012, Skoda Auto mengubah situs Vrchlabí menjadi pabrik komponen modern selama 18 bulan. Lokasi itu dinamai Pabrik Tahun Ini karena transformasi dinamisnya. Sejak itu, Skoda Auto telah memperkenalkan berbagai teknologi industri 4.0, secara sistematis mengembangkan pabrik Vrchlabí.

Sejak 2018, ŠKODA juga telah menggunakan robot otonom untuk pengangkutan suku cadang antara mesin pengolah dan pusat metrologinya. Terlebih lagi, sistem otomatis yang memesan dan memasok suku cadang untuk jalur pemrosesan CNC juga telah diluncurkan baru-baru ini.

Pabrik ultra-modern memimpin dalam hal kompatibilitas lingkungan dan efisiensi energi juga. Ini ditetapkan untuk menjadi lokasi produksi ŠKODA AUTO keseimbangan CO2-netral pertama pada akhir tahun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri 4.0 Skoda Auto
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top