Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mustang Mach-E 1400, Mobil Balap Setrum Performa Kuda Gila

Ford memperkenalkan prototipe Mustang Mach-E 1400 serba listrik, mobil berperforma kuda gila yang dikembangkan bekerja sama dengan RTR Vehicle untuk menunjukkan kemungkinan kinerja penggerak listrik.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 22 Juli 2020  |  16:50 WIB
Mobil Mustang Mach-E 1400 sepenuhnya listrik. - Ford Motor
Mobil Mustang Mach-E 1400 sepenuhnya listrik. - Ford Motor

Bisnis.com, JAKARTA - Ford memperkenalkan prototipe Mustang Mach-E 1400 serba listrik, mobil berperforma kuda gila yang dikembangkan bekerja sama dengan RTR Vehicle untuk menunjukkan kemungkinan kinerja penggerak listrik.

Mustang Mach-E yang serba listrik siap menghantam jalanan di AS pada akhir tahun ini.

Mustang Mach-E 1400 yang dirancang untuk menantang persepsi tentang apa yang dapat dilakukan kendaraan listrik dengan penyetelan kinerja dan teknologi canggih ini akan tampil perdana di perlombaan NASCAR.

Mengikuti Mustang Cobra Jet 1400 serba listrik, Mustang Mach-E 1400 diproyeksikan berkekuatan puncak 1.400 tenaga kuda, dan lebih dari 2.300 lb. downforce pada 160 mph dari tujuh motor dan baterai berperforma sangat tinggi

"Sekarang waktu yang tepat untuk memanfaatkan teknologi listrik, belajar darinya, dan menerapkannya pada jajaran kami," kata Ron Heiser, Kepala Program Rekayasa Mustang Mach-E, Selasa (21/7/2020).

Mustang Mach-E diyakini akan menyenangkan untuk dikendarai seperti Mustang lainnya sebelumnya. Akan tetapi, Mustang Mach-E 1400 benar-benar kuda gila berkat upaya Ford Performance dan RTR.

Mustang Mach-E 1400 adalah hasil dari 10.000 jam kolaborasi oleh Ford Performance dan RTR yang bertujuan menjembatani kesenjangan antara yang dapat dilakukan kendaraan listrik dan apa yang dapat dilakukan pelanggan.

“Masuk ke belakang kemudi mobil ini telah sepenuhnya mengubah perspektif saya tentang apa yang bisa terjadi dengan tenaga dan torsi,” kata Vaughn Gittin Jr., Pendiri RTR Vehicle. "Pengalaman ini tidak seperti yang pernah Anda bayangkan, kecuali mungkin roller coaster magnetik."

Mustang Mach-E 1400 telah terbentuk tanpa aturan. Tim desain Ford dan RTR menggunakan banyak alat serupa yang digunakan Ford untuk mobil balap dan program produksinya. Aerodinamika dioptimalkan untuk bentuk dan lokasi, dengan fokus pada saluran pendingin, splitter depan, pesawat selam, dan sayap belakang.

Mustang Mach-E 1400 memiliki tujuh motor - lima bahkan lebih dari Mustang Mach-E GT. Tiga terpasang ke diferensial depan dan empat terpasang ke belakang dalam gaya pancake, dengan satu driveshaft yang menghubungkannya ke diferensial, yang memiliki rentang penyesuaian yang sangat besar untuk mengatur mobil untuk segala sesuatu mulai dari melayang ke balap trek berkecepatan tinggi .

"Tantangannya adalah mengendalikan tingkat kekuatan ekstrem yang disediakan oleh tujuh motor," kata Mark Rushbrook, Direktur Motor Sport, Ford Performance. "Mustang Mach-E 1400 adalah karya seni dari kemungkinan dengan kendaraan listrik."

Sasis dan powertrain diatur untuk memungkinkan tim menyelidiki tata letak berbeda dan pengaruhnya terhadap konsumsi energi dan kinerja, termasuk penggerak roda belakang, penggerak semua roda dan penggerak roda depan.

Pengaturan drift dan track memiliki konfigurasi ujung depan yang sangat berbeda seperti lengan kontrol dan perubahan kemudi untuk memungkinkan sudut kemudi ekstrem dalam drifting. Pengiriman daya dapat dibagi secara merata antara depan dan belakang, atau sepenuhnya ke satu atau yang lain. Downforce ditargetkan lebih dari 2.300 pound pada 160 mph.

Baterai 56,8 kilowatt-jam (terpasang) terdiri dari sel-sel kobalt nikel mangan nikel untuk kinerja sangat tinggi dan laju pelepasan tinggi. Sistem baterai dirancang untuk didinginkan selama pengisian menggunakan pendingin di-listrik, sehingga mengurangi waktu yang diperlukan di antara berbagai proses.

Booster rem elektronik terintegrasi untuk pengereman regeneratif, dikombinasikan dengan ABS dan kontrol stabilitas untuk mengoptimalkan sistem pengereman. Mustang Mach-E 1400 dilengkapi fitur rem Brembo, seperti mobil balap Mustang GT4, dan sistem rem tangan hidrolik untuk drifting yang terintegrasi dengan kontrol powertrain untuk memungkinkan kemampuan mematikan daya ke motor belakang.

Mustang Mach-E 1400, yang segera debut di balapan NASCAR, berfungsi sebagai test bed untuk material baru. Kapnya terbuat dari serat komposit organik, alternatif yang ringan dari serat karbon yang terdiri dari sisa kendaraan.

Ford menginvestasikan lebih dari US$11,5 miliar untuk kendaraan listrik di seluruh dunia, dengan kendaraan global pertama, Mustang Mach-E, tersedia untuk dipesan sekarang. Mustang Mach-E yang serba listrik mulai menghantam jalanan di AS pada akhir tahun ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik Mobil Balap Mustang Mach E
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top