Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Cegah Virus di Kabin Mobil Ala Auto2000

Kuman dan penyakit/virus di sekitar kita bisa menyebar melalui partikel-partikel kecil di udara. Seperti virus flu, risiko penularan bisa terjadi melalui udara terlebih di ruang tertutup dan ramai serta kondisi tubuh kita sedang tidak fit.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 14 Juli 2020  |  19:50 WIB
Sebaiknya AutoFamily tetap memakai masker di dalam mobil, terutama jika penumpang lain tidak tinggal di rumah yang sama.  - Twitter @tmcpoldametro
Sebaiknya AutoFamily tetap memakai masker di dalam mobil, terutama jika penumpang lain tidak tinggal di rumah yang sama. - Twitter @tmcpoldametro

Bisnis.com, JAKARTA - Kuman dan penyakit/virus di sekitar kita bisa menyebar melalui partikel-partikel kecil di udara. Seperti virus flu, risiko penularan bisa terjadi melalui udara terlebih di ruang tertutup dan ramai serta kondisi tubuh kita sedang tidak fit.

Di sisi lain, kabin mobil merupakan lingkungan tertutup dan terbatas, apalagi saat menggunakan AC selama perjalanan. AC mobil menganut sistem sirkulasi tertutup yang memanfaatkan udara di dalam kabin untuk didinginkan dan diembuskan kembali via kisi AC di dasbor atau blower di atap.

Oleh karena itu, AutoFamily wajib menjaga kebersihan kabin dan AC mobil untuk mencegah penularan virus. Bagaimana langkahnya?

Berikut cara sederhana ala Auto2000 mencegah penularan virus lewat udara di kabin mobil.

1. Pakai Masker di Dalam Mobil

Sebaiknya AutoFamily tetap memakai masker di dalam mobil, terutama jika penumpang lain tidak tinggal di rumah yang sama.

2. Bersihkan Kokpit Mobil

Setiap pagi, selalu bersihkan area kokpit mobil, seperti dasbor, konsol tengah, dan panel pintu menggunakan pembersih interior yang ramah lingkungan dan bisa AutoFamily dapatkan di Auto2000 Digiroom. Bersihkan pula lantai dan karpet di bagian penumpang depan karena udara dari wilayah tersebut yang dimanfaatkan oleh sistem AC mobil.

3. Buka Jendela Secara Berkala

AutoFamily bisa sedikit membuka jendela selama 2-3 menit setiap 1 jam sekali untuk membuat udara di dalam kabin bersirkulasi dengan udara luar. Atau bisa pula memanfaatkan tombol sirkulasi di panel AC untuk mengalirkan udara luar ke dalam kabin mobil.

4. Jaga Kebersihan Filter Kabin AC

Banyak pemilik mobil yang tidak tahu keberadaan filter kabin AC. Padahal, filter ini mempunyai tugas penting untuk membersihkan udara dari kabin yang akan didinginkan kembali. Jika filter ini tidak bekerja optimal, maka kotoran yang terbawa ke dalam sistem AC akan ikut diembuskan kembali ke dalam kabin.

5. Pastikan Evaporator Bersih

Evaporator bertugas mendinginkan udara yang diambil dari dalam kabin untuk diembuskan lagi lewat kisi AC. Pipa evaporator rawan bakteri, jamur dan virus karena lembab dan kotor, terutama bila AutoFamily alpa mengganti filter kabin AC.

6. Manfaatkan Program Sehat Toyotaku

Program Sehat Toyotaku, Ready For New Normal berisi paket servis berkala yang dibuat secara parsial sesuai kebutuhan di masa New Normal. Program ini memiliki 5 paket, yang mana 2 paket di antaranya bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kabin dan menjaga kinerja AC mobil.

“Menjaga kesehatan dan kebersihan kabin dan AC mobil itu penting, supaya mudah dan nyaman, program Sehat Toyotaku dibuat untuk membantu AutoFamily menjaga kebersihan kabin dan sistem AC dengan harga terjangkau. Segera manfaatkan program ini melalui website Auto2000.co.id, karena di Auto2000 Urusan Toyota Lebih Mudah” jelas Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000, Selasa (14/7/2020).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

TIPS BERKENDARA masker Protokol Pencegahan Covid-19
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top