Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mudah Dipasang, Teknologi Keselamatan Truk dan Bus Continental RightViu

Perusahaan teknologi Continental mengembangkan RightViu, sistem bantu belok berbasis radar yang dapat dengan mudah dipasang pada kendaraan komersial, termasuk tipe kendaraan lawas sekalipun.
Sistem bantu belok dari Continental, yang dapat dipasang kembali, mudah dipasang karena dirancang untuk dipasang langsung di bawah kaca spion standard. /CONTINENTAL
Sistem bantu belok dari Continental, yang dapat dipasang kembali, mudah dipasang karena dirancang untuk dipasang langsung di bawah kaca spion standard. /CONTINENTAL

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan teknologi Continental mengembangkan RightViu, sistem bantu belok berbasis radar yang dapat dengan mudah dipasang pada kendaraan komersial, termasuk tipe kendaraan lawas sekalipun.

"RightViu telah menerima Izin Operasional Umum (GOP) dan dengan demikian memenuhi persyaratan penting untuk dukungan keuangan publik," demikian Continental dalam keterangan pers yang dikutip Kamis (2/7/2020).

RightViu dapat dipesan dari pengecer spesialis mulai musim panas 2020. Continental sejauh ini merupakan satu-satunya pemasok yang mengandalkan solusi eksklusif berbasis radar yang juga mendeteksi dan mengklasifikasikan pengendara sepeda dan pejalan kaki.

“Meningkatkan keselamatan pengendara sepeda yang rentan dan pejalan kaki adalah tanggung jawab sosial yang penting,” kata Gilles Mabire, kepala Unit Bisnis Kendaraan & Layanan Komersial.

Pengembangan sistem bantu belok berbasis radar didasari banyak kecelakaan yang terjadi akibat truk yang berbelok, serta kesadaran tanggung jawab Continental seiring dengan strategi Visi Nol-nya.

Continental menyatakan RightViu telah diuji-coba dan terbukti sebagai teknologi andal.

Georg Kliewer, kepala produk aftermarket untuk kendaraan khusus di Continental, mengatakan solusi RightViu sangat ideal untuk mendeteksi pengendara sepeda di titik buta, membedakan mereka dari objek lain, dan menghindari kecelakaan serius.

Tidak seperti sistem berbasis kamera atau berbasis ultrasound, sistem sensor RightViu mendeteksi apakah itu benar-benar pengendara sepeda atau pejalan kaki. "Paket ini juga mudah dipasang."

Continental juga mengembangkan solusi berbasis radar untuk kendaraan komersial ringan. RightViu dapat dipasang dengan cepat dan mudah ke kendaraan hanya dalam beberapa langkah singkat dan tidak memerlukan tampilan di kabin.

Radar dipasang di dudukan kaca spion, sehingga tidak ada lubang yang harus dibuat di badan kendaraan. Sistem ini menggunakan bus CAN yang ada di dalam kendaraan. Pekerjaan yang menghabiskan waktu, seperti meletakkan kabel tambahan di dalam kabin, dihilangkan.

Satu-satunya persyaratan adalah bahwa radar harus dipasang pada ketinggian setidaknya dua meter sehingga memiliki jangkauan deteksi yang tepat. Kondisi ini dapat dipenuhi oleh hampir semua bus dan truk-truk besar. Pengembang Continental sedang mengerjakan solusi untuk kendaraan komersial ringan yang juga akan berbasis radar.

Radar memastikan deteksi yang sangat dapat diandalkan dari pengguna jalan lain di samping kendaraan. Area yang dipantau adalah empat meter di samping kendaraan dan hingga 14 meter di belakang depan, sehingga RightViu bahkan melebihi area yang dipersyaratkan oleh BMVI.

Perangkat lunak VRU (Vulnerable Road User) mengevaluasi informasi dari sensor radar. Jika pengendara sepeda berada dalam area cakupan, pengemudi akan diperingatkan secara akustik dan visual.

Untuk teknologi radar, Continental menggunakan teknologi produksi otomotif skala besar dan pengetahuan para pakar untuk sistem bantuan pengemudi sebagai peralatan asli.

Perusahaan teknologi ini juga bekerja pada pengembangan solusi peralatan asli yang lebih rumit secara teknis yang menggunakan kecerdasan buatan untuk estimasi pose.

Mudah Dipasang, Teknologi Keselamatan Truk dan Bus Continental RightViu

Gangguan minimal - meringankan pengemudi

Strategi peringatan mengikuti prinsip Continental yaitu membebaskan pengemudi dari banjir informasi di kabin dan selalu memberikan informasi yang tepat pada waktu yang tepat.

“Kami sengaja memutuskan untuk tidak menggunakan tambahan display. Pengemudi menerima sinyal peringatan yang jelas, yang mengarahkan perhatian mereka pada situasi berbahaya sehingga risiko kemungkinan tabrakan dapat terdeteksi pada waktunya,” jelas Georg Kliewer.

"Informasi tambahan di mana orang tersebut berada, yang disediakan pada gambar tampilan, sering tidak relevan pada saat ini." Namun, jika tampilan visual pada monitor diminta, Continental dapat menyediakannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper