Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tiga Pabrik Mobil Pesan Kunci Digital Berbasis Smartphone

Perusahaan teknologi Continental mengklaim tiga pabrikan mobil global dari Eropa dan Asia memesan sistem akses digital CoSmA. Adapun integrasi ke dalam arsitektur kendaraan baru dimulai 2021.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 25 Juni 2020  |  20:40 WIB
Dengan CoSmA, smartphone menjadi kunci kendaraan digital. - CONTINENTAL
Dengan CoSmA, smartphone menjadi kunci kendaraan digital. - CONTINENTAL

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan teknologi Continental mengklaim tiga pabrikan mobil global dari Eropa dan Asia memesan sistem akses digital CoSmA. Adapun integrasi ke dalam arsitektur kendaraan baru dimulai 2021.

Continental CoSmA dengan teknologi radio ultra-wideband (UWB) adalah sistem akses kendaraan berbasis smartphone. Solusi akses ini menawarkan sistem hands-free dengan perlindungan anti-pencurian.

Tiga produsen kendaraan besar mengintegrasikan solusi smartphone di seluruh dunia ke dalam arsitektur generasi kendaraan yang akan datang. Mulai produksi direncanakan untuk 2021.

Teknologi CoSmA menggantikan kunci konvensional dan sangat ramah pengguna karena pengemudi dapat mengakses, membuka kunci dan memulai mobil mereka menggunakan smartphone sendiri tanpa harus mengambil perangkat.

Inti dari sistem adalah kunci digital yang berisi otorisasi akses ke kendaraan yang diinginkan.

Dalam satu aplikasi, pemilik kendaraan dapat membuat dan mengelola beberapa kunci digital secara bersamaan dan membaginya dengan mudah dengan keluarga dan teman.

Layanan pengiriman paket bahkan dapat mengirimkan pesanan online langsung ke kendaraan. Segera setelah otentikasi disediakan oleh sistem manajemen kunci backend di Continental.cloud, akses ke kendaraan diberikan.

“Dengan CoSmA, smartphone menjadi kunci kendaraan digital,” kata Johann Hiebl, Kepala Unit Bisnis Jaringan Mobil Terhubung di Continental, dalam keterangan pers yang dikutip, Kamis (25/6/2020).

Dia mengaku senang lantaran semakin banyak produsen kendaraan yang mengintegrasikan solusi ke dalam generasi kendaraan, sehingga membuat pengoperasian kendaraan tanpa kunci semakin nyaman melalui penggunaan smartphone pribadi.

Akses kendaraan melalui smartphone dari Continental menggunakan Bluetooth Low Energy (BLE) dalam versi dasar. Dalam generasi terbaru dari kunci digital, Continental juga mengandalkan teknologi ultra-wideband (UWB), yang menawarkan kenyamanan lebih besar dan fungsi-fungsi baru.

Modul transceiver Bluetooth Low Energy (UWB-BLE) UWB dan UWB memungkinkan ponsel cerdas yang berwenang berada dengan akurasi tinggi dari dalam dan luar kendaraan.

Arsitektur onboard dari solusi CoSmA juga dilengkapi unit komputer elektronik pusat dengan elemen aman canggih sebagai penyimpanan aman bersertifikat untuk aplikasi kunci kendaraan digital apa pun.

Segera setelah posisi ponsel cerdas yang berwenang ditentukan dengan tepat, sistem ini memungkinkan kendaraan tidak terkunci dan mesin dihidupkan tanpa harus menarik keluar ponsel cerdas (bebas genggam). Oleh karena itu ponsel dapat tetap berada di saku pengemudi.

Pelokalan yang tepat juga memungkinkan fungsi sentris pengguna baru seperti parkir yang dikendalikan dari jarak jauh melalui smartphone.

Selain peningkatan tingkat kenyamanan ini, solusi berbasis smartphone dengan teknologi UWB memberikan perlindungan terhadap akses tidak sah melalui serangan relai (man-in-the-middle), di mana pencuri kendaraan menyadap dan memperluas sinyal kunci untuk mendapatkan mengakses.

Bersama-sama dengan perusahaan-perusahaan terkenal lainnya, Continental didedikasikan untuk pengembangan dasar standar radio UWB untuk akses kendaraan di Car Connectivity Consortium (CCC).

CCC bekerja pada standar global untuk akses hands-free ke kendaraan dan aplikasi lain untuk pelokalan kendaraan berdasarkan teknologi UWB. Tujuan dari upaya ini adalah untuk memungkinkan penggunaan untuk semua sistem dan model operasi ponsel cerdas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BMW Continental AG
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top