Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Pandemi Corona, Astra Honda Motor Andalkan Penjualan Skutik

PT Astra Honda Motor (AHM) mengandalkan model skutik Honda Beat dan Scoopy dalam menopang penjualan pada masa pandemi virus corona atau Covid-19.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 11 Juni 2020  |  17:30 WIB
Pandemi Corona, Astra Honda Motor Andalkan Penjualan Skutik
Model di segmen entry level juga menjadi penopang penjualan selama masa pembatasan sosial berskala besar atau PSBB. - AHM
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Astra Honda Motor (AHM) mengandalkan model skutik Honda Beat dan Scoopy dalam menopang penjualan pada masa pandemi virus corona atau Covid-19.

Hingga April 2020, model skutik mengontribusi 86 persen penjualan AHM. Model di segmen entry level juga menjadi penopang penjualan selama masa pembatasan sosial berskala besar atau PSBB.

Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya mengatakan penjualan sepeda motor berangsur pulih seiring dengan pelonggaran PSBB. Hal itu terbukti dengan adanya inden sepeda motor Honda, khususnya untuk model skutik.

"Mulai Juni, ekonomi mulai bergerak dan ada permintaan inden. Gambarannya ada di model Scoopy," kata Thomas dalam Halal Bihalal Virtual AHM, Kamis (11/6/2020).

Penjualan sepeda motor nasional diketahui terdampak cukup keras oleh pandemi virus corona. Kondisi tersebut membuat AHM perlu merevisi target penjualan sepanjang tahun ini, dari target awal 4,8 juta dikoreksi menjadi 2,8 sampai dengan 3 juta.

Thomas mengatakan sejumlah faktor yang memengaruhi revisi target tersebut. Salah satunya, pengetatan kredit oleh perusahaan pembiayaan atau leasing. Pasalnya, pangsa pasar sepeda motor Honda selama ini 65 sampai dengan 70 persen didukung oleh pembiayaan kredit.

Executive Vice President AHM Johannes Loman mengakui penjualan sepeda motor tahun ini melemah akibat virus corona. Dia memperkirakan penjualan motor akan turun 40 hingga 45 persen dari capaian penjualan tahun lalu, yang membukukan 6,4 juta unit.

"Melihat situasi pandemi, penjualan akan turun sekitar 3,6 juta sampai 3,9 juta unit atau turun 40-45 persen dari tahun lalu," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepeda motor skutik Skutik Honda
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top