Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sesuaikan PSBB, Astra Honda Setop Produksi Sepeda Motor

PT Astra Honda Motor (AHM) memutuskan untuk menyetop produksi sepeda motor sebagai langkah menyesuaikan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 25 April 2020  |  22:00 WIB
Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) Markus Budiman (kanan) didampingi General Manager Corporate Communication Ahmad Muhibbuddin (kedua kanan) dan Head of AHM plant Sunter Muhamad Dadan P.W (kiri) berdiskusi dengan peserta AHM Best Student di sela-sela kunjungan pabrik di Jakarta, Rabu (1/08). - JIBI/Abdullah Azzam
Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) Markus Budiman (kanan) didampingi General Manager Corporate Communication Ahmad Muhibbuddin (kedua kanan) dan Head of AHM plant Sunter Muhamad Dadan P.W (kiri) berdiskusi dengan peserta AHM Best Student di sela-sela kunjungan pabrik di Jakarta, Rabu (1/08). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - PT Astra Honda Motor (AHM) memutuskan untuk menyetop produksi sepeda motor sebagai langkah menyesuaikan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Kami stop produksi menyesuaikan PSBB," kata General Manager Corporate Communication PT AHM Ahmad Muhibbuddin kepada Bisnis, Sabtu (24/4/2020).

AHM memiliki pabrik perakitan sepeda motor dan mesin di Sunter, Cikarang, Kelapa Gading, dan Karawang. Berdasarkan data di website astra-honda.com, pabrik AHM memiliki kapasitas produksi 5,8 juta unit per tahun.

Pabrik ini juga melakukan ekspor sepeda motor seperti Honda BeAT, Honda ADV 150, Honda CBR205RR, dan sebagainya. Kegiatan ekspor Honda juga diklaim masih berjalan normal dan belum terdampak virus corona.

DKI Jakarta telah menetapkan kebijakan PSBB hingga 23 April, dan memutuskan untuk memperpanjang kebijakan tersebut hingga 14 hari mendatang atau sampai dengan 7 Mei 2020.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Bekasi secara resmi memberlakukan PSBB selama 14 hari mulai Rabu (15/4/2020) hingga Selasa (28/4/2020). Terdapat 6 kecamatan yang akan diberlakukan secara khusus selama berlangsungnya PSBB di Kabupaten Bekasi, yaitu Kecamatan Tambun Selatan, Cikarang Pusat, Cikarang Selatan, Cikarang Utara, Cikarang Barat dan Cibitung.

Berbeda dengan Honda, Suzuki Indomobil memutuskan untuk memperpanjang penangguhan produksi mobil hingga 8 Mei, namun mempertahankan operasi secara terbatas pabrik sepeda motor dan mesin.

Seiji Itayama, President Director PT Suzuki Indomobil Motor, mengatakan produksi yang dipertahankan adalah pada bagian produksi power train di Pabrik Cakung dan Cikarang, serta pabrik sepeda motor di Tambun I. Pabrik ini beroperasi 4 hari yakni 27-30 April.

"Untuk memenuhi pasar ekspor," ujar Seiji Itayama dalam keterang pers, Jumat (24/4/2020).

Meski demikian, seluruh kegiatan operasional tersebut dipantau dengan ketat dan memenuhi regulasi pemerintah mengenai penerapan physical distancing.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pabrik Sepeda Motor PT Astra Honda Motor
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top