Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Toyota Melanjutkan Produksi Suku Cadang dan Ekspor

Pengecualian di bagian produksi yang bekerja untuk memenuhi komponen onderdil dan ekspor dilakukan sesuai dengan perizinan yang diatur oleh Kementerian Perindustrian.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 26 April 2020  |  19:44 WIB
Deretan mobil Toyota siap dikapalkan di pelabuhan di Tanjung Priok Car Terminal. - TMMIN
Deretan mobil Toyota siap dikapalkan di pelabuhan di Tanjung Priok Car Terminal. - TMMIN

Bisnis.com, JAKARTA - Lini pembuatan komponen suku cadang dan ekspor dari PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) kembali beroperasi setelah berhenti produksi selama 5 hari.

Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam mengatakan pembuatan suku cadang dan ekspor ke Timur Tengah sudah kembali berjalan.

Sementara itu, kata Bob, aktivitas produksi kendaraan untuk pasar domestik dan ekspor ke negara-negara di Asia Tenggara tetap dihentikan untuk sementara waktu karena sejumlah faktor.

"Domestik berhenti karena stok cukup banyak dan ekspor untuk Asia tenggara juga setop karena umumnya masih lockdown. Kami hanya mengerjakan service parts untuk after sales part dan ekspor untuk Timur Tengah," kata Bob kepada Bisnis, Minggu (26/4/2020).

Menurutnya, pengecualian di bagian produksi yang bekerja untuk memenuhi komponen onderdil dan ekspor dilakukan sesuai dengan perizinan yang diatur oleh Kementerian Perindustrian.

Dia juga menilai bahwa suku cadang sangat dibutuhkan oleh pelanggan. Oleh sebab itu, pasokan untuk pembuatan komponen suku cadang tidak dapat dihentikan begitu saja. 

"Service parts tidak boleh setop supply sebab nanti kendaraan berhenti karena tidak ada komponennya. Kalau kendaraan berhenti, logistik juga berhenti," ujarnya.

TMMIN diketahui sempat menghentikan aktivitas ekspor dan produksi pabrik selama 5 hari, terhitung pada 13 hingga 17 April 2020. Penutupan pabrik bertujuan mengantisipasi penurunan permintaan dalam negeri dan ekspor, serta kondisi pasokan komponen. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

toyota Pabrik Mobil TMMIN
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top