Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilkada 2020 Tak Akan Mengganggu Pasar Mobil Premium

Penjualan mobil di segmen premium pada tahun ini diproyeksi tetap stabil meski ada penyelenggaraan Pilkada di 270 daerah.

Bisnis.com, JAKARTA - Pemilihan Kepala Daerah yang diselenggarakan di tahun diprediksi tidak akan mengganggu penjualan mobil di segmen premium. Sementara itu, pasar supercar diyakini tetap mengalami malaise.

Deputy Director Sales Operation & Product Management PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia Kariyanto Hardjosoemarto mengatakan bahwa signifikansi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 tidak akan sekuat Pilpres 2019.

Stabilitas politik , imbuhnya, biasanya memengaruhi kecenderungan konsumen untuk membeli kendaraan baru. Kondisi itu terlihat pada tahun lalu, ketika industri otomotif  nasional mengalami kelesuan. Berlangsungnya pemilihan presiden dan wakil presiden 2019 disebut-sebut menjadi salah satu faktor penyebabnya.  

"Secara peristiwa politik, menurut saya dampaknya lebih terjadi di tingkat lokal atau daerah saja," kata Kariyanto saat dihubungi Bisnis.com, Sabtu (29/2/2020).

Total daerah yang akan melaksanakan Pilkada 2020 tercatat mencapai 270 daerah dengan rincian 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. Di tingkat provinsi,  pilkada berlangsung di tiga pulau, yakni Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi.

Kariyanto menyampaikan bahwa pasar mobil premium di luar Pulau Jawa belum berkontribusi cukup besar. "Masih di kisaran 10% hingga 15% dari total nasional," ujarnya.

Meski demikian, Kariyanto mengatakan stabilitas politik dan ekonomi yang terjaga mampu membangkitkan pasar mobil premium setidaknya setara dengan level pertumbuhan ekonomi nasional.

Menurutnya, stabilitas ekonomi dan politik sangat memengaruhi keputusan membeli kendaraan. Sedikit saja terjadi gejolak, pelanggan biasanya menunda pembelian. Hal itu terjadi karena peminat mobil premium acap kali dari kalangan pengusaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper