Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Malaise Pasar Otomotif Ancam Segmen Mobil Premium

Kondisi pasar sepanjang kuartal I/2020 diperkirakan masih akan lesu setelah pada Januari 2020 tertekan akibat faktor eksternal, seperti banjir di Jabodetabek dan virus corona.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 17 Februari 2020  |  20:54 WIB
Pengunjung mengamati mobil Marcedes-Benz Sprinter 315 CDI A2 di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Senin (24/6/2019).  - ANTARA
Pengunjung mengamati mobil Marcedes-Benz Sprinter 315 CDI A2 di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Senin (24/6/2019). - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Penurunan penjualan kendaraan roda empat pada Januari 2020 diprediksi akan membebani langkah pasar mobil premium sepanjang kuartal I/2020.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan dari pabrik ke diler atau wholesales kendaraan roda empat pada 2020 mencapai 79.983 unit, turun 2,6 persen dibandingkan Januari 2019. 

Deputy Director Sales Operation & Product Management PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia Kariyanto Hardjosoemarto mengatakan bahwa penurunan penjualan disebabkan oleh faktor eksternal, seperti banjir di Jabodetabek dan virus corona.

"Untuk prediksi kuartal pertama tahun ini menurut saya kondisi market masih akan cukup berat," tuturnya saat dihubungi Bisnis, Senin (17/2/2020).

Dia menambahkan, efek dari epidemik virus corona mulai terasa, sehingga sektor impor dan ekspor terpengaruh. Bisnis pariwisata yang melambat diklaim sangat memengaruhi pasar mobil premium. 

"Kami melihat konsumen akan cenderung menunda pembelian sambil melihat perkembangan perekonomian lebih lanjut," ujar Kariyanto. 

Sementara itu, Gaikindo menilai bahwa penurunan penjualan pada Januari 2020 disebabkan oleh pelambatan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sepanjang 2019, perekonomian tumbuh 5,02 pesen. 

"Mungkin disebabkan pertumbuhan ekonomi yang agak melambat juga, 5,02 persen,” kata Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif gaikindo Mercedes Benz
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top