Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Impor Truk Beban Berat : Scania Butuh 2 Tahun Buat Perakitan Lokal

Tingkat importasi truk beban berat dalam bentuk utuh masih relatif tinggi dibandingkan dengan kendaraan niaga kategori lainnya.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 04 April 2019  |  11:30 WIB
Impor Truk Beban Berat : Scania Butuh 2 Tahun Buat Perakitan Lokal
Scania R 250. - SCANIA

Bisnis.com, JAKARTA - Tingkat importasi truk beban berat dalam bentuk utuh masih relatif tinggi dibandingkan dengan kendaraan niaga kategori lainnya.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), impor truk beban di atas 24 ton secara utuh pada tahun lalu mencapai 7,6% dari total penjualan truk berat 29.825 unit.

Salah satu pengimpor dalam keadaan utuh truk berat adalah United Tractors yang merupakan agen resmi Scania di Indonesia. Dalam 2 bulan pertama, Scania mengimpor 96 unit truk berat.

Harijadi Mawardi, General Manager PT United Tractors, mengatakan bahwa apabila pasar truk besar meningkat, bukan tidak mungkin pihaknya memutuskan untuk memproduksi sendiri produknya di Indonesia. Dia berharap ke depannya memang penting bahwa kendaraan niaga keseluruhan diproduksi secara lokal.

"Saat ini Scania sudah bisa memproduksi sasis bus, kalau [sasis] truk kan ditambahkan produksi kabin. Dalam 2-3 tahun ke depan mungkin sudah bisa diproduksi secara lokal" ujarnya, Selasa (3/4/2019).

Kemungkinan untuk memproduksi sendiri sasis truk berat Scania semakin besar mengingat tambahan investasi untuk memenuhi kebutuhan produksi tersebut dinilai Harijadi tidak terlalu besar. Apalagi per tahunnya, produksi sasis Scania hanya berkisar 300 unit.

Selain Scania, pengimpor truk beban berat dalam kondisi utuh lainnya adalah agen merek Mitsubishi Fuso (14 unit), Man Truck (11 unit), FAW (58 unit), Tata Motors (35 unit), UD Truck (32 unit), dan Hino Motor (29 unit).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Impor Mobil Truk Berat Scania AB
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top