Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

India Setop Brio, Rencana Ekspor Honda Indonesia Tak Berubah

Setelah Honda Cars India mengumumkan berhenti memproduksi Honda Brio dan tidak akan menghadirkan versi terbaru Brio, PT Honda Prospect Motor (HPM) mengaku tidak memiliki rencana untuk mengekspor Honda Brio ke India.
All New Honda Brio Satya. /HMP
All New Honda Brio Satya. /HMP

Bisnis.com, JAKARTA-- Setelah Honda Cars India mengumumkan berhenti memproduksi Honda Brio dan tidak akan menghadirkan versi terbaru Brio, PT Honda Prospect Motor (HPM) mengaku tidak memiliki rencana untuk mengekspor Honda Brio ke India.

"Untuk negara India kami belum ada rencana," ujar Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM) kepada Bisnis, Senin (11/2).

Jonfis menyebutkan pada tahap awal, Honda Brio akan dikirimkan ke Vietnam. Model yang akan dikirimkan ialah All new Honda Brio yang diproduksi di pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat.

Dia mengaku menyambut baik upaya pemerintah untuk menyederhanakan proses ekspor utuh kendaraan. Upaya tersebut sangat membantu pabrikan karena otomotif menjadi salah satu sektor andalan untuk ekspor nasional.

"Saat ini Vietnam duluan [tujuan ekspor]," tambahnya.

Adapun, All New Honda Brio pertama kali diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show pada Agustus 2018 dengan menghadirkan platform dan desain baru, dengan berbagai penambahan fitur.

Perubahan yang diterapkan di all new Honda Brio menekankan desain yang lebih sporty serta kabin dan ruang bagasi yang lebih luas.

Dilengkapi dengan standar keamanan yang tinggi dan mesin yang bertenaga, model ini diklaim menawarkan pengalaman yang berkendara menyenangkan sambil tetap mempertahankan efisiensi bahan bakar yang tinggi.

Generasi kedua Honda Brio dikembangkan oleh Honda R & D Asia Pacific Co., Ltd., untuk memenuhi kebutuhan konsumen di segmen city car kecil yang terus berkembang di beberapa negara Asean.

Di Indonesia, Honda Brio masuk kategori city car dan LCGC (low cost and green car). Kemampuan produksi dengan komponen lokal yang tinggi membuat Brio dapat menjadi salah satu produk ekspor.

Sebelumnya, Rajesh Goel selaku Senior Wakil Presiden, Direktur Penjualan dan Pemasaran Honda Cars India, mengatakan posisi Honda Brio di segmen pembeli pertama (entry-level) akan digantikan oleh Honda Amaze yang bermodel sedan kompak.

Menurutnya, preferensi konsumen di India telah bergeser ke model yang relatif lebih besar, mirip dengan tren di pasar global. Sedan, jelasnya, telah menjadi salah satu produk andalan di India tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper