Pemerintah Pertimbangkan Uji B30 Sesuai Euro 4

Pemerintah tengah mempertimbangkan melakukan pengujian penggunaan biodiesel dengan kadar fatty acid methyl ester 30% yang sesuai emisi atau gas buang Euro 4 selain B30 yang tidak sesuai Euro 4.
Yudi Supriyanto | 27 November 2018 16:41 WIB
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah tengah mempertimbangkan melakukan pengujian penggunaan biodiesel dengan kadar fatty acid methyl ester 30% yang sesuai emisi atau gas buang Euro 4 selain B30 yang tidak sesuai Euro 4.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Putu Juli Ardika, mengungkapkan pengujian penggunaan bahan bakar B30 berstandar Euro 4 terdapat dalam diskusi lantaran waktu implementasi beleid Euro 4 pada mesin diesel sudah dekat.

Berdasarkan Peraturan Menteri LHK No.P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017, pemerintah mewajibkan seluruh produksi kendaraan bermotor roda empat dan lebih menerapkan standar emisi Euro 4.

Pemerintah memberikan tenggat waktu 4 tahun sejak permen LHK tersebut diundangkan kepada pabrikan dan penyedia bahan bakar untuk melakukan penyesuaian standar emisi Euro 4 berbahan bakar diesel.

Beleid tersebut diundangkan pada 7 April 2017. Oleh karena itu, peraturan tersebut mulai berlaku pada 7 April 2021. “2021 sudah mulai ke Euro 4 sehingga itu [ada pemikiran] kenapa enggak sekalian saja daripada nanti test lagi,” kata Putu di Jakarta, Selasa (27/10/2018).

Saat ini, dia menuturkan, belum ada keputusan terkait pengujian penggunaan bahan bakar B30 yang sesuai dengan kendaraan berstandar Euro 4 lantaran harus menunggu beberapa hal seperti sistem pengujian, rute pengujian, dan sebagainya.

Dia memperkirakan, pengujian penggunaan bahan bakar B30 akan dilakukan pada akhir 2018 atau awal tahun depan. “Kalau kita [konsensus] sepakat, uji sampai Euro 4,” katanya.

Tag : Standard Euro 4, Mesin Diesel
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top