Thierry Bollore, Inilah Sosok Pengganti Sementara Ghosn di Renault

Carlos Ghosn, pemimpin Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi ditangkap atas tuduhan penyembunyikan sebagian pendapatannya, Senin (19/11/2018). Renault pun langsung menunjuk Thierry Bolloré sebagai pengganti sementara Ghosn di perusahaan Prancis itu.
Fatkhul Maskur | 22 November 2018 11:00 WIB
Carlos Ghosn, dan Thierry Ballore. - Reuters

Bisnis.com, PARIS - Carlos Ghosn, pemimpin Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi ditangkap atas tuduhan penyembunyikan sebagian pendapatannya di Jepang, Senin (19/11/2018). Renault pun langsung menunjuk Thierry Bolloré sebagai pengganti sementara Ghosn di perusahaan Prancis itu.

Thierry Bolloré ditunjuk menjadi Chief Operating Officer Groupe Renault secara resmi pada 19 Februari 2018, setelah setahun sebelumnya Ghosn mengumumkan untuk melepas jabatan CEO-nya di Renault SA.

Dalam situs resmi group.renault.com disebutkan bahwa sosok Thierry Bolloré memulai karirnya pada 1990 di Michelin, sebagai manajer toko di sebuah pabrik ban truk berat.

Pada 1993, ia menjadi Kepala Pusat Proses dan Grup Kualitas untuk pabrik-pabrik truk berat di seluruh dunia, sebelum mengambil kepala Kelompok Metode untuk unit-unit bisnis truk berat di Eropa, Amerika Selatan, Afrika dan Asia.

Pada 1997, ia pindah ke Jepang, sebagai Asisten Industri pabrik Mobil Penumpang Michelin, dan ke Thailand pada tahun 1998, sebagai manajer produksi pabrik truk, sebelum diangkat menjadi Direktur Utama Bisnis Truk dan Pesawat Terbang.

Dia ditunjuk sebagai Wakil Presiden yang bertanggung jawab atas industri untuk Michelin Aircraft Business di seluruh dunia pada 2002. Thierry Bolloré bergabung dengan Faurecia pada 2005 untuk menjadi Wakil Presiden Asia dari Grup Produk Sistem Buangan, yang berbasis di China, dan kemudian Wakil Presiden Worldwide yang bertanggung jawab atas Pemasaran, R & D, Program, Strategi, Pengembangan Bisnis.

Pada tahun 2010, ia pindah ke Faurecia Emissions Control Technologies, sebagai Wakil Presiden yang bertanggung jawab atas Eropa dan Afrika Selatan dan kemudian diberi nama Wakil Presiden Worldwide, bertanggung jawab untuk Industri, Kualitas, dan Pembelian.

Thierry Bolloré bergabung dengan Groupe Renault pada September 2012. Dia diangkat sebagai Wakil Presiden Eksekutif untuk Manufaktur dan Rantai Pasokan pada Oktober 2012.

Pada September 2013, ia diangkat menjadi Chief Competitive Officer. Pada 19 Februari 2018, Bollore ditunjuk sebagai Chief Operating Officer Groupe Renault.

Dia juga anggota Komite Eksekutif Renault Groupe dan juga duduk di Dewan Direksi Avtovaz dan di DRAC (Dong Feng Renault Automotive Company) Dewan Direksi.

Thierry Bolloré

Jabatan:
Chief Operating Officer Groupe Renault

Tahun Lahir:
1963

Pendidikan:
Paris Dauphine (MBA)

Tag : Carlos Ghosn, Thierry Bollore
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top