208 Tipe Mobil Sudah Uji Tipe Sesuai Euro 4

Jumlah tipe kendaraan yang telah diuji sesuai dengan emisi atau gas buang euro 4 tercatat baru 208 tipe atau sekitar setengah dari jumlah tipe kendaraan bermotor mobil dalam daftar Gaikindo, yakni sekitar 400 unit.
Yudi Supriyanto | 09 Oktober 2018 22:52 WIB
Uji Tipe Mobil. - Gaikindo

Bisnis.com, JAKARTA—Jumlah tipe kendaraan yang telah diuji sesuai dengan emisi atau gas buang Euro 4 tercatat baru 208 tipe atau sekitar setengah dari jumlah tipe kendaraan bermotor mobil dalam daftar Gaikindo, yakni sekitar 400 unit.

Caroline Noorida Aryani, Kepala Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor Kemenhub, mengungkapkan 208 tipe kendaraan bermotor mobil yang telah diuji oleh balai tersebut dari Januari hingga 7 Oktober 2018.

Kemudian, total 208 unit kendaraan yang telah diuji tersebut juga campuran antara tipe kendaraan yang sebelumnya sudah pernah diproduksi dan memiliki standar euro 2, dan kendaraan-kendaraan yang belum pernah diproduksi.

Menurutnya, dalam data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) jumlah tipe kendaraan yang telah diproduksi dan harus diuji kembali sesuai standar euro 4 mencapai sekitar 400 tipe kendaraan.

“Jumlah total kendaraan yang sudah uji euro 4 baik tipe baru maupun current 208 unit,” kata Caroline kepada Bisnis, Senin (8/10/2018).

Dari 208 unit yang telah diuji sesuai euro 4, sebanyak 95 tipe di antaranya diuji di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor. Adapun 113 tipe lainnya diuji di Balai Teknologi Termodinamika Motor dan Propulsi (BT2MP).

Dia menuturkan, belum ada lagi model lain yang sedang antre untuk diuji tipe sesuai dengan standar euro 4. Menurutnya, kebanyakan kendaraan yang sudah memiliki jadwal untuk melakukan uji tipe sesuai emisi Euro 4 adalah kebanyakan importir umum.

Tag : Standard Euro 4
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top