Martin Daum, global head of Daimler Trucks and Buses: Siapa yang Memisahkan Diri dari Pasar Global, Menderita

Martin Daum, global head of Daimler Trucks and Buses, berkesempaan melakukan pertemuan dengan sejumlah wartawan dari Jepang, Peru, China, Thailand, India dan Indonesia di pameran Kendaraan Komersial IAA ke-67, 20 September 2018 di Fairgrounds of Deutsche Messe, Hermesallee, D-30521 Hannover, Jerman. Dia membahas beberapa masalah dalam beberapa sesi. Berikut dialognya, yang dihadiri Bisnis:
Martin Sihombing | 27 September 2018 15:33 WIB

BISNIS, HANNOVER - Martin Daum, global head of Daimler Trucks and Buses, berkesempaan melakukan pertemuan dengan sejumlah wartawan dari Jepang, Peru, China, Thailand, India dan Indonesia di pameran Kendaraan Komersial IAA ke-67, 20 September 2018   di Fairgrounds of Deutsche Messe, Hermesallee, D-30521 Hannover, Jerman. Dia membahas beberapa masalah  dalam beberapa sesi. Berikut dialognya, yang dihadiri Bisnis:

Apa pendapat Anda tentang perang perdagangan global yang sedang berkembang?

Perang dagang tidak akan memiliki pemenang, hanya pecundang…. Saya benar-benar khawatir tentang kecenderungan di dunia bahwa masing-masing dan setiap negara membangun dinding dan memisahkan satu sama lain. Saya pendukung besar perbatasan terbuka. Kami adalah satu globe, orang dari satu  dunia itu. Jika kita bekerja bersama, kita menumbuhkan kue. Siapa pun yang memisahkan dirinya dari pasar global, akan menderita. Anda mendapatkan porsi kue yang lebih besar, tetapi kue itu menyusut. Kami bergantung pada pertukaran barang, gagasan, dan orang yang bebas. Masalah dunia bersifat global, dan solusinya bersifat global.

Apa dampak peningkatan tarif pada bisnis Anda?

Harga baja dan aluminium meroket, terutama di AS membuat truk kami lebih mahal di sana. Pada akhirnya tidak begitu banyak perusahaan yang menderita, itu adalah konsumen karena pada akhirnya transportasi mungkin menjadi lebih mahal. Itu pada akhirnya akan berdampak pada harga konsumen di rak.

BACA:

Akankah kita melihat driver-assistance system  otomatis yang diluncurkan untuk heavy-duty truck Mercedes-Benz Actros baru di masa depan truk Freightliner Cascadia?

Anda pasti yakin  hampir semua yang Anda lihat hari ini akan Anda lihat di jalan-jalan AS, tetapi saya tidak memberi tahu Anda kapan. Hal-hal terkadang lebih dekat daripada yang terlihat.

Apakah peraturan  di Amerika Utara  perlu diubah untuk membawa hal-hal seperti MirrorCam, yang menggantikan kaca spion samping dengan kamera dan layar, ke mereka?

Kami melobi untuk hal-hal itu karena kami melihat manfaat tertentu untuk itu. Kami selalu harus menyesuaikan teknologi ini dengan pasar lokal. Kami sedang dalam pembicaraan dengan legislator untuk mendapatkan inovasi itu ke negara bagian juga. Mengambil cermin tidak hanya meningkatkan aerodinamis. Ini meningkatkan keamanan karena Anda memiliki blind spot jauh lebih sedikit ketika Anda melihat di luar kabin.

Apa maksud Daimler ketika mengatakan ingin mengoperasikan truk semudah ponsel?

Jika Anda melihat hari ini bagaimana orang-orang memperlakukan ponsel pintar mereka - saya mengantre di bandara dan ada sekitar 100 orang menunggu, dan setiap orang melihat smartphone mereka.

 Ini adalah mimpi bagi setiap produsen. Jika Anda akan terikat dengan truk Anda dan setiap pengemudi menginginkannya - itu akan menjadi sesuatu. Saya pikir konvergensi sistem, hiburan, telepon dan di sisi truk banyak informasi logistik di layar menjadi satu platform yang terbuka sehingga jam layanan dapat memakai itu serta informasi telematika, bahkan menggunakannya di malam hari sebagai sistem hiburan, yang benar-benar akan menjadikannya ruang kerja yang baik bagi pengemudi truk.

Seberapa berharganya menjadi bagian dari perusahaan yang juga memiliki divisi mobil penumpang?

Itu membantu. Saya melihat lebih banyak sinergi dari sebelumnya antar unit. Ada pertukaran dalam hal talent pool.  Terkadang itu benar-benar menguntungkan satu sama lain jika Anda dapat bertukar orang. Ini adalah pertukaran ide dan pemikiran dari sudut yang benar-benar berbeda. Semua masalah yang kita alami saat ini berkaitan dengan listrik, ke otonom, hingga konektivitas - mereka pasti menguntungkan [dari mengambil teknologi dan ide] dari satu sama lain.

Anda menunjukkan konsep untuk van sel berbahan bakar hidrogen. Apakah teknologi ini siap untuk truk dan bus?

Sebuah drivetrain listrik harus netral teknologi untuk apa pun yang menyediakan energi. Kita harus fleksibel pada jenis baterai apa yang kita tempatkan di belakang garis penggerak elektrik. Kemudian kita selalu dapat menukar baterai dengan sel bahan bakar dan tangki hidrogen.

Mengapa kita tidak melakukannya hari ini? Kami benar-benar memiliki pengetahuan yang baik, tetapi kami tidak melihat teknologi saat ini sudah matang untuk pasar. Ini berfungsi, tetapi harganya empat kali lebih mahal dibandingkan dengan bus pembakaran dan kami tidak memiliki infrastruktur hidrogen. Jika ada pasar, kami akan ada di sana. Kami sepenuhnya memahami teknologi, tetapi kami tidak melihat garis waktu. Kami mengamati pasar.

Foto: Bisnis - Martin Sihombing/Twitter/Istimewa

Manufaktur truk dan Trucking sedang mengalami salah satu tahun terbaik dalam ingatan terbaru. Apakah Anda khawatir tentang kemerosotan siklus?

Sentimen pelanggan kami kuat, permintaan untuk pengiriman tinggi. Tarif angkutan terus tinggi. Truk-truk baru selalu truk besar, lebih baik dari truk yang masih di jalan. Jadi Anda melihat siklus penggantian ini. Saya pikir pasarnya, dari Compass  saya di AS, agak terlalu tinggi. Ketika kita memiliki tahun-tahun pasar terlalu tinggi di atas rata-rata jangka panjang, itu merupakan bayangan sebuah lembah. Lebih tinggi daripada sebelumnya [di atas rata-rata], semakin dalam itu akan berada di belakang. Kami menjual  habis untuk 2018, dan kami pada dasarnya menjual habis untuk paruh pertama  2019. Ini adalah pasar yang sangat kuat.

Apa yang bisa mengubah pasar yang kuat?

Saya akan mengatakan ekonomi dunia. Mulailah perang dagang yang benar-benar bagus dan Anda bisa mendapatkan resesi di AS. Suku bunga yang lebih tinggi karena truk dibiayai. Tetapi ini adalah lingkungan sehari-hari untuk seorang eksekutif senior di sebuah perusahaan truk. Kami akan menghadapinya.

Tag : mercedes-benz
Editor : Martin Sihombing
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top