Northvolt Kantongi Izin Lingkungan untuk Pabrik Baterai Terbesar di Eropa

Northvolt diketahui telah mengantongi izin lingkungan untuk pendirian pabrik sel baterai lithium-ion terbesar di Eropa. Persiapan tanah di lokasi pabrik, yang menandai tahap awal fase konstruksi, dimulai pada 8 Juni.
Muhammad Khadafi | 02 Juli 2018 21:04 WIB
Pabrik Northvolt akan dibangun di kotamadya Skelleftea di utara Swedia. - Nortvolt

Bisnis.com, SKELLEFTEA - Northvolt AB diketahui telah mengantongi izin lingkungan untuk pendirian pabrik sel baterai lithium-ion terbesar di Eropa. Persiapan tanah di lokasi pabrik, yang menandai tahap awal fase konstruksi, dimulai pada 8 Juni.

Pabrik akan dibangun di kotamadya Skelleftea di utara Swedia. Izin lingkungan, yang meliputi konstruksi dan operasi, diberikan oleh Pengadilan Tanah dan Lingkungan di Umeå kurang dari 6 bulan setelah permohonan akhir diajukan.

Izin itu dikeluarkan untuk bagian pertama pabrik yang akan selesai dibangun pada 2020 dan menghasilkan sel berkapasitas 8 GWh per tahun. Pabrik akan beroperasi secara penuh pada 2023 dan menghasilkan setidaknya 32 GWh setiap tahun ketika mencapai kapasitas skala penuh.

"Hari ini menandai tonggak utama lainnya untuk Northvolt dan rantai nilai baterai yang mulai terbentuk di Eropa. Kami akan memulai pembangunan di Skellefteå besok, yang berarti bahwa kami memiliki posisi yang baik untuk menjaga waktu kami," kata Peter Carlsson, CEO dan Co-Founder, Northvolt, Kamis (7/6/2018).

Tahap pertama pembangunan, yang terutama terdiri dari persiapan tanah, diperkirakan akan selesai selama paruh kedua 2019 dan dibiayai dalam pendanaan saat ini.

Northvolt telah memulai proses untuk mendukung pendanaan yang diperlukan untuk investasi di gedung, bahan dan peralatan yang akan berlangsung di fase berikutnya sampai bagian pertama pabrik selesai pada akhir 2020.

Pabrik sel baterai lithium-ion di Skellefteå akan menghasilkan baterai hijau terhijau di dunia, dengan jejak karbon minimal dan ambisi tertinggi untuk didaur ulang, untuk memungkinkan dan mempercepat transisi Eropa ke energi terbarukan.

Sebagai langkah pertama menuju pendirian, Northvolt pada bulan April menerjunkan pembangunan Northvolt Labs yang terletak di Västerås di luar Stockholm. Northvolt Labs adalah garis canggih dan fasilitas penelitian yang digunakan untuk mengembangkan, menguji dan mengindustrialkan sel baterai lithium-ion sebelum produksi skala besar. Ini akan mulai berproduksi pada 2019.

Sejak diluncurkan pada Maret 2017, Northvolt telah masuk ke dalam kemitraan industri dengan ABB, Nemaska Lithium, Scania, SECI, Siemens, Skellefteå Kraft dan Vestas, serta telah dipilih oleh Epiroc sebagai pemasok sistem baterai untuk mesin pertambangan nol-emisi. Northvolt juga telah menerima dukungan dari Bank Investasi Eropa dan Badan Energi Swedia.

Northvolt didirikan pada 2016 dengan misi untuk membangun baterai hijau dunia, dengan jejak karbon minimal dan ambisi tertinggi untuk didaur ulang, untuk memungkinkan transisi Eropa ke energi terbarukan.

Tim ahli Northvolt sedang membangun pabrik baterai generasi berikutnya yang berfokus pada inovasi proses, skala dan integrasi vertikal. Setelah selesai, itu akan menjadi pabrik baterai terbesar di Eropa dan menghasilkan kapasitas baterai senilai 32 GWh per tahun.

KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top