Baru Diluncurkan, New Yaris Langsung Kuasai Segmen Hatchback

PT Toyota Astra Motor (TAM) memimpin pasar hatchback pada bulan lalu. Perusahaan menguasai 40,12% volume penjualan pabrik ke diler dengan New Yaris. Model teranyar yang diluncurkan bulan lalu ini membukukan 1.109 unit.
Muhammad Khadafi | 18 Maret 2018 23:30 WIB
Chief Engineer New Yaris Akira Kasamatsu (dari kiri), Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Yoshihiro Nakata, Wakil Presiden Direktur Henry Tanoto dan Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia Warih Andang Tjahjono berfoto bersama pada peluncuran Toyota New Yaris di Jakarta, Selasa (20 - 2). Toyota New Yaris hadir dengan mengedepankan semangat emotional design pada eksterior dan interior, menjadikan New Yaris tampil kian sporty dan lebih stylish.

Bisnis.com, JAKARTA – PT Toyota Astra Motor (TAM) memimpin pasar hatchback pada bulan lalu. Perusahaan menguasai 40,12% penjualan pabrik ke diler dengan New Yaris. Model teranyar yang diluncurkan pada 20 Februari 2018 ini membukukan 1.109 unit.

Di segmen pasar hatchback, New Yaris menghadapi lawan tangguh Honda Jazz. Beberapa model lain yang bermain di segmen ini di antaranya Suzuki Baleno, Honda Civic 5D, Mazda 2, VW Polo, Mini Cooper, KIA All New Rio, Hyundai i20, VW Golf, Suzuki Swift, Hyundai Grand Avega, dan Nissan Livina X-Gear.

New Yaris yang dilengkapi dengan mesin 1,5 liter hadir dengan enam trim yakni E, E CVT, G, G CVT, TRD Sportivo, dan TRD Sportivo CVT. Adapun dua trim yang ada pada generasi sebelumnya--Heykers 1.5 MT, dan Heykers 1.5 AT--belum ada tanda-tanda akan hadir di pasar.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), New Yaris berkontribusi terhadap pertumbuhan segmen sedan buntung. Pada Februari lalu, penjualan pabrik ke diler hatcback naik 17,64% menjadi 2.764 unit.

TAM optimistis dapat menutup tahun ini dengan angka penjualan Yaris sebanyak 1.200 unit per bulan. Target tersebut akan membuat Yaris tumbuh 33,95% dibandingkan tahun lalu.

Toyota mengatakan pembaruan Yaris menerapkan konsep nilai-nilai baru yang meredefinisikan kepuasan pelanggan di masa depan. “Saya percaya ini akan menciptakan penggemar baru Toyota, terutama di Indonesia,” kata Akira Kasamatsu, Toyota Yaris – Deputy Chief Engineer Toyota Motor Corporation dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis, Minggu (18/3/2018).

President Director TAM Yoshihiro Nakata mengatakan kebutuhan konsumen hatchback adalah tampil dinamis. Pembaruan ini dia yakin akan mempertahankan dan memperoleh konsumen baru yang berjiwa muda.

New Yaris hadir dengan mengedepankan semangat desain emosional pada eksterior dan interior. Mobil ini pun tampil kian sportif dan lebih bergaya. Selain itu, New Yaris hadir dengan fitur keselamatan yang semakin lengkap sehingga nilai keselamatan mobil ini semakin tinggi.

Kesan sportif terlihat dari tampilan depan yang mengalir dari front grille, menyatu dengan lampu utama hingga buritan. Lampu DRL (daytime-running lights) yang menyatu dengan grille. Khusus New Yaris TRD Sportivo, aura racing dan sportif diperkuat dengan red lining accent pada bumper spoiler dan sekaligus menjadi pembeda pada varian teratas ini.

Vice President Director TAM Henry Tanoto berharap Yaris akan memberikan kepuasan lebih kepada pelanggan. “Kami menghadirkan New Yaris tidak hanya untuk memperkuat posisi di segmen medium hatchback yang kian dinamis, tapi juga untuk meningkatkan total ownership experience,” jelasnya.

Selain berlaga di pasar domestik, Yaris pun turut meramaikan kancah balap internasional serta Indonesia. Tim Toyota Gazoo Racing kembali setelah 17 tahun dan tercatat sebagai tim pabrikan pada FIA World Rally Championship 2017.

Yaris didaulat menjadi kendaraan tim Gazoo Racing menggantikan Toyota Corolla WRC yang mereka gunakan pada era 90-an. Melalui pebalap Jari-Matti Latvala (FIN) dan Esapekka Lappi (FIN) serta navigator Mikka Anttila (FIN) dan Janne Ferm (FIN) serta Martin Järveoja (EST), tim Toyota Gazoo Racing berhasil menorehkan dua kali juara seri di Swedia dan Finlandia.

Di Indonesia, melalui Haridarma Mannoppo, pebalap Toyota Team Indonesia, Toyota Yaris menjuarai 7 seri, atau seluruh seri Indonesia Touring Car Championship 1600 max (ITCC) pada kejuaran Indonesian Sentul Series of Motorsport 2017 (ISSOM). Sementara pembalap kedua, Alinka Hardianti menempati posisi ketiga pada akhir kejuaraan tersebut.

Tag : Toyota Yaris, Mobil Hatchback
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top